17 May 2024

Manfaat Mengambil Short Course untuk Blogger

Salah satu ‘me time’ favorit saya adalah belajar. Aneh ya? Well, saya senang ikutan kursus maupun webinar yang memberikan pengalaman dan pengetahuan baru. Biasanya saya mencari materi yang relevan dengan kehidupan dan passion saya. Sebagai seorang blogger dengan beragam tanggung jawab di luar dunia menulis, saya harus bijaksana memanfaatkan waktu 'me time' untuk memulihkan kreativitas saya.

Banyak solusi klasik seperti healing, minum kopi, atau mengubah suasana, setiap penulis memiliki pendekatan uniknya sendiri untuk mengatasi krisis kreativitas. Belajar juga bisa jadi ‘me time’ karena seringkali kegiatannya tidak bisa disambi. Kalau kata anak jaman sekarang namanya “mindful.” Meskipun pertemuan diadakan secara online, ketika belajar kita harus fokus menyimak, berinteraksi dengan guru dan murid, serta sepenuhnya berada di kelas. 

Efeknya agak sedikit mirip dengan membaca buku atau menonton film di bioskop, di mana kita memberikan perhatian penuh pada apa yang sedang kita baca atau tonton. Begitu kembali ke dunia nyata, pikiran kita lebih fresh

(Photo courtesy of Ani Berta)

Belajar Bahasa Inggris Online Bersama TBI Bandung

Kali ini, yang saya ikuti adalah “Blogger Short Course for Creative Writing” bersama The British Institute (TBI) Bandung dan Komunitas ISB. Kelasnya dilaksanakan secara online selama 3 hari berturut-turut pada pukul 10:00 hingga 12:00 WIB. Kenapa short course? Mengikuti short course dapat memberikan insight baru tanpa komitmen jangka panjang. Cocok bagi mereka yang sibuk, namun mencari kegiatan bermanfaat. Selain itu, short courses dengan topik spesifik dapat membantu saya me-refresh skill yang dimiliki.

Minggu ini, jadilah hari Senin saya dimulai dengan mengantar anak sekolah, lalu duduk manis depan laptop bersama secangkir kopi untuk mengikuti kelas. Kelasnya tidak terlalu besar, jadi belajarnya juga efektif. Di kelas yang saya ikuti di 13 - 15 Mei 2024 kemarin, ada 9 orang blogger yang berpartisipasi. Blogger yang biasanya hanya berinteraksi di WAG, sekarang bisa tatap muka dan ngobrol meski virtual

Hari pertama dimulai dengan perkenalan, lalu dilanjutkan dengan jalan-jalan ke South Africa. Hari kedua, kami semua membahas musik dan festival musik. Hari terakhir, topiknya street food. Di setiap kelas, belajar Bahasa Inggris dikemas dengan topik yang seru dan sesi interaktif yang mengajak setiap murid berpartisipasi. Pengenalan adjective atau kata sifat dan passive voice atau kalimat pasif, jadi lebih mudah diingat ketika dibawakan melalui topik-topik yang menarik. 

Selain kegiatan interaktif dalam grup besar, ada juga sesi breakout room di setiap kelasnya. Di breakout room, diskusi jadi lebih intense karena hanya ada sekitar 3-4 orang. Setiap orang mendapatkan kesempatan untuk berbicara dan berpartisipasi aktif. Latihan berbicara juga jadi lebih menyenangkan karena yang diceritakan adalah pengalaman sendiri dan menggunakan kosakata yang sudah familiar. 


Kelas “Blogger Short Course for Creative Writing” cocok untuk saya, yang sedang writer’s block, karena hal-hal baru yang dipelajari memberikan jeda bagi pikiran yang sedang penat. Bukan cuma Bahasa Inggris yang didapat, tetapi juga pengetahuan umum dan ide tulisan baru. Apa saja?

  • Bukan hanya belajar Bahasa Inggris atau refreshing kemampuan Bahasa Inggris, di setiap kelasnya juga ada tips dan trik bagaimana mengaplikasikan ilmu yang didapat hari itu ke dalam blog masing-masing. Misalnya di topik travel, kita diajak mengunjungi Afrika Selatan dan mendeskripsikan destinasi tersebut dengan adjective yang dapat memperkaya tulisan kita.
  • Saat diskusi, rencana liburan yang dibuat, meskipun baru berbentuk obrolan antar teman satu grup, tapi browsing tentang objek wisata di Bosnia Herzegovina mampu membuat pikiran jadi cerah kembali. 
  • Ide angle tulisan yang berbeda, muncul ketika mengerjakan tugas di kelas. Mengumpulkan informasi tentang festival musik, lalu membandingkan street food di Brazil dan Indonesia juga bisa jadi tulisan yang menarik.

Tentang TBI Bandung

The British Institute (TBI) adalah institusi pendidikan dan pelatihan Bahasa Inggris yang didukung oleh UTC (UniSadhuGuna Testing Centre). Didirikan pada 18 Februari 1984, TBI adalah satu-satunya institusi pelatihan bahasa Inggris di Indonesia yang memiliki lisensi dari Cambridge University Press and Assessment, untuk menjalankan kursus pelatihan CELTA (Certificates in Teaching English to Speakers of Other Languages).

“Blogger Short Course for Creative Writing” adalah salah satu kelas singkat yang dimiliki oleh The British Institute (TBI). “Sama dengan profesi lainnya, terdapat serangkaian skill yang yang wajib dimiliki dan dikembangkan oleh para penulis pastinya,” jelas Diah Pratiwi Soehendro, Marketing Communication Manager TBI. “Memahami penggunaan grammar dalam bahasa Inggris sangat dibutuhkan agar tidak memberikan struktur tulisan yang salah, karena kemampuan untuk mengkomunikasikan maksud tulisan merupakan hal yang cukup krusial.” Kelas yang dimiliki TBI diadakan secara online dan offline, sehingga kita bisa belajar di mana saja. 

photos by Ani Berta

Selain “Blogger Short Course for Creative Writing,” TBI juga memiliki banyak jenis kursus yang lain misalnya Young Learner English, Pre - Teenager English, Teenager English, Global English, Professional English, dan Corporate Training. Bagi yang berencana mengambil tes IELTS, TOEFL & TOEIC, TBI juga menawarkan kelas persiapan yaitu Academic English. Short Course sendiri merupakan bagian dari Customised Programmes, yaitu kelas-kelas yang dapat dibuka sesuai kebutuhan muridnya. Mulai dari Private Classes, Workshop for Professionals hingga International Exam Prediction Test ada di TBI.

Karena kelas dilaksanakan secara online, saya jadi bisa ikutan di cabang manapun. Short Course yang saya ikuti ada di TBI Bandung. Belajar hal baru maupun mengambil short courses untuk me-refresh skill bisa menjadi pertimbangan seorang blogger untuk ‘me time’ dengan kegiatan yang bermanfaat. Cobain, yuk!

Hubungi TBI Bandung

P:  +62 81314915970
E:  info.bandung@tbi.co.id
Website : www.tbi.co.id
YouTube : The British Institute
Instagram : @tbibandung
Facebook : TBI Bandung

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, jangan lupa tinggalkan komen. Mohon maaf untuk yang meninggalkan link hidup dan komen bersifat spam atau iklan akan dihapus.