31 December 2015

Cinta, Cantik dan Kartu Hari ibu

"Cantik itu adalah sesuatu yang membuat cinta. Setiap orang memiliki kecantikan yang hanya bisa dilihat oleh satu orang yang mencintainya." - Dudu

Terdengarnya dalam banget ya. Tapi ini sebenarnya akibat si Dudu terlalu banyak membaca Crayon Sinchan. Jadi ceritanya di Crayon Sinchan ada seorang pangeran dari negeri jauh berwajah buruk (Omata) yang jatuh cinta pada seorang pegulat perempuan (Shinobu). Di buku itu diceritakan bahwa di negeri asal Omata, definisi cantik dan ganteng itu tidak seperti di Jepang. Dari situ Dudu jadi belajar bahwa cantik itu relatif. Ternyata Crayon Sinchan ada gunanya.

Saya Mama yang ngga pede difoto
soalnya kalah keren sama anaknya

Anyway, back to the meaning of beauty. Saya tidak tahu cantik itu apa, dan biasanya hanya ikut arus. Yang rambut panjang kayak Sanchai di Meteor Garden cantik. Yang body-nya oke kayak Jennifer Lopez juga cantik. Saya pernah jadi juri pemilihan model dan memang ada beberapa orang yang berubah jadi cantik dalam bidikan kamera. Maksudnya pas dipanggil ketemu dan interview, kok anaknya biasa saja. Fotogenik rupanya. Ada juga yang bilang cantik itu relatif tapi jelek itu mutlak.

Mama: Lalu, apa yang membuat seseorang menjadi cantik?
Dudu: Operasi plastik? Atau Perhiasan? Atau bunga? Di film Alpha & Omega, Kate hanya memakai bunga.
Mama: Soalnya Kate kan serigala. Mau pakai perhiasan di mana?

Kalau dari internet ada istilah “golden ratio”. Seorang ahli bedah, Dr. Stephen Marquardt mempelajari definisi cantik dan kemudian membuat sebuah gambaran proporsi ideal wajah yang disebutnya sebagai “beauty mask”. Proporsi tidak sama dengan simetris karena menurut Dr. Marquardt, simetris itu identik dengan robot.

Astaga, ngomongin cantik kok jadi berat banget. Padahal kalau kata Ceribel, kamu cantik dari hatimu. Tidak usah pakai teori yang ribet begitu. Meski bukan chibi-chibi, saya setuju sama lagu Ceribel yang itu. Klasik memang, tapiu kecantikan fisik yang tidak diimbangi dengan kecantikan hati hanya akan membuat orang telihat seperti Maleficent. Saya tidak tahu cantik itu apa yang jelas, saya tidak pernah merasa cantik. Sampai hari Ibu kemarin saya dapat kartu begini dari si Dudu:




Lalu saya jadi memikirkan kembali definisi cantik ala si Dudu di awal blogpost ini. Terbalik sebenarnya. Justru yang membuat seseorang cantik itu cinta. Jatuh cinta, mencintai, dicintai... semua itu bisa membuat kita jadi cantik. Kalau kita punya cinta, entah diberi atau memberi, kita juga cantik. Jadi menurut saya definisi cantik adalah cinta. Kalau tidak punya cinta, kita bisa berubah dari Evil Queen ke nenek-nenek jualan apel seperti di cerita Snow White.

Mirror, mirror on the wall, who’s the fairest of them all?

Tulisan ini diikutsertakan dalam mini giveaway PutriKPM

10 comments:

  1. Setuju juga ahh kata Chibi, cantik itu dari hati. Klo cantik tapi hatinya busuk mah juga apalah artinya yah Mbak..

    Sukses yahh Mbak GA nya.:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lagunya chibi nempel di otak nih hahaha. Thanks ya Mba :)

      Delete
  2. Ayeeee, benerr banget ini mbak
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  3. terharu baca kartunya Mbak..
    cantik memang bukan hanya keindahan fisik semata, yang terpenting adalah hati yah Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... Maklum si Dudu suka "memuji". Bahaya ini jangan2 kalau sudah besar.

      Delete
  4. cantik itu cinta..
    ahay so suiitt :)

    ReplyDelete
  5. Aku setuju, cantik itu cinta. Saat orang merasa mencintai atau sedang dicintai, dia akan merasa cantik :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir, jangan lupa tinggalkan komen. Mohon maaf untuk yang meninggalkan link hidup dan komen bersifat spam atau iklan akan dihapus.