27 September 2023

Cari Peluang Uang Tambahan untuk Ibu Tunggal

Kita selalu mencari peluang untuk mendapatkan uang tambahan. 

Waktu Dudu masih TK dulu, pekerjaan pertama saya tidak menghasilkan banyak uang. Cukup untuk kehidupan sehari-hari tetap sulit menabung untuk liburan dan kelak kalau Dudu mau masuk SD. Terus cari uang tambahan dari mana agar tidak mengganggu cash flow yang ada sekarang jika mau pergi liburan keluarga atau membeli barang yang sedikit mahal, misalnya Dudu perlu punya handphone.


Itu saya, yang full-time bekerja, dan bisa menitipkan Dudu pada orang tua. Bagaimana dengan single moms yang ketika masih berpasangan dulu memilih untuk jadi ibu rumah tangga? Tentunya ada gap year di antara karir, harus catch up dengan banyak hal dan melalui proses panjang untuk kembali ke dunia kerja. Apa yang bisa dilakukan selain mencari pekerjaan tetap agar kembali berpenghasilan?

Kalo orang bilang ada banyak jalan menuju Roma, sebenarnya ada banyak peluang mendapatkan uang tambahan. Apa saja?

Ikut kompetisi ibu dan anak.

Lomba mewarnai, lomba foto, lomba fashion show dan lainnya. Semua kompetisi itu sering diikuti oleh saya dan Dudu ketika dia masih kecil. Kalau menang dapat uang. Kalau tidak? Selain dapat pengalaman, biasanya ada goody bag yang dibagikan dan isinya lumayan untuk kehidupan sehari-hari. Saking seringnya ikut lomba, saya sampai punya IG agregator lomba anak yang masih berjalan sampai sekarang.

Bagaimana caranya ikutan lomba? Dulu saya dan Dudu rajin hadir ke acara anak-anak di akhir pekan. Terutama yang gratisan dan terbuka untuk umum di mall. Kalau ada kompetisinya, ya kita daftar saja ikut. Selain bisa jadi kesempatan bonding bersama anak, kalau menang kan bisa dapat hadiahnya.


Belanja sendiri dari uang hasil menang kompetisi social media

Bukan hanya anaknya yang ikutan lomba, saya juga sering ikut kompetisi menulis atau kompetisi blogging. Hadiahnya beragam, pernah dapat peralatan dapur, baju, mainan anak dan lain sebagainya. Dapat uang juga pernah. Kalau ada kompetisi yang sekiranya masih dalam kemampuan kita, misalnya kompetisi desain atau karya ilmiah. Kompetisi review produk, atau bahkan kompetisi memasak juga bisa diikuti. 

Wah, kalau kompetisi masak, persiapannya banyak dong? 

Kalau begitu, coba ikutan lomba dan giveaway di social media. 

Manfaatkan media sosial yang kita punya untuk ikutan giveaway dan kompetisi secara online. Hanya saja untuk ikutan giveaway atau kuis ini jangan sampai terlalu ngotot karena akan dicap sebagai kuis hunter dan mempersulit kita untuk menang. Ini triknya:

  • Gunakan akun media sosial pribadi dan bukan akun khusus untuk giveaway. 
  • Postingan bukan cuma ikutan giveaway tapi juga postingan pribadi sama anak atau kegiatan kita.
  • Ikut giveaway yang relevan. Yang berhubungan dengan anak atau ibu-ibu. Atau kebutuhan rumah tangga.

Ikutan Kesempatan menangnya kecil, karena bertarung dengan sejuta netizen di dunia maya. Tapi yah, effort-nya juga tidak besar. Biasanya hanya mention teman di comment dan menjawab pertanyaan. Kenapa tidak dicoba?

Waspada penipuan berkedok lomba dan giveaway ya.

Mencoba memaksimalkan blogging dan content.

Karena senang menulis, saya bikin blog. Awalnya blog itu hanya untuk mengupdate cerita saya dan Dudu. Dan karena terlepas dari profesi utama sebagai jurnalis (waktu itu), rasanya masih ada banyak hal yang perlu ditulis di luar sana. Siapa sangka kalau blog ini sekarang jadi sumber penghasilan tambahan. Padahal blog saya belum TLD. 

Diundang launching TV Series Lion Guard Disney karena blogging

Kok bisa? Karena di-update secara teratur, lalu sering gantian blogwalking dengan teman-teman. Jadi banyak yang tertarik lalu menghubungi dan mengajak kerjasama. Bentuknya apa? Endorsement product bisa. Lalu saya tidak usah beli sabun dan skin care sebulan karena dapat kiriman produk untuk di-review. Uang tunai juga ada, yang jumlahnya lumayan untuk jajan. Bisa juga dalam bentuk undangan event, misalnya screening film anak. Selain bisa nge-date sama Dudu secara gratis, saya bisa nonton film duluan haha.

Begitu juga dengan instagram. Membangun personal branding bisa membuat kita terpilih untuk endorsement atau event yang sesuai dengan kebutuhan kita. Mirip seperti blog, tapi kalau Instagram cukup posting foto dan caption saja. Sering ikut lomba di instagram juga bisa jadi pembuka jalan untuk kita berpartisipasi sebagai peserta dibayar. Plus, kalau menang, tetap bisa dapat hadiahnya juga. 

Memang uang tambahan ini tidak selalu berbentuk tunai. 

Tapi kalau dihitung, jumlah barang dan voucher yang didapatkan sangat membantu menghemat kebutuhan sehari-hari seperti skin care atau deterjen. Bahkan Dudu pernah mendapatkan hadiah ulang tahun action figure impian yang harganya lumayan dibarter dengan postingan blog. Jadi kita bisa punya uang cash lebih banyak di akhir bulan dan bisa menabung sedikit-sedikit sampai mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang lebih memungkinkan untuk menabung secara reguler.

Mencari peluang berarti tidak menyerah atau hanya pasrah dengan apa yang ada di depan mata. Harus kita yang rajin dan aktif mencari informasi. Bahkan, terkadang, kita yang harus memulai duluan membuka obrolan. Tidak bisa hanya pasif menunggu ada yang datang ke inbox kita. Ikut komunitas, rajin datang event, membangun reputasi baik, networking dan menjaga relasi. Hasil tidak akan mengkhianati usaha.

Boleh dong dicoba.


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, jangan lupa tinggalkan komen. Mohon maaf untuk yang meninggalkan link hidup dan komen bersifat spam atau iklan akan dihapus.