22 November 2018

Liburan Musim Dingin di Provinsi Gangwon-Do, Korea Selatan

Jalan-jalan ke mana lagi kita, Ma?
Wah iya, Du. Sudah waktunya planning traveling lagi. Mau ke mana?
Yang pasti tempat yang cold dan ada saljunya, Ma.

Waduh.

So let's start making a list of places we would like to visit in winter time. Di Korea Selatan. Iya, kita belum puas dan ingin balik lagi.


Pemandangan dari atas bus yang membawa kita ke Sokcho awal tahun kemarin.

Exploring (More) Gangwon-do

Waktu kemarin ke provinsi Gangwon-Do, Korea Selatan, fokusnya hanya Gunung Sorak. Padahal di provinsi kampung halaman Heechul ini ada banyak kegiatan musim dingin yang bisa dilakukan selain berkeliling Sokcho. Dengan status yang sekarang sebagai tuan rumah Winter Olympics, tentunya Pyongchang dan sekitarnya jadi lebih mudah diakses dengan fasilitas lebih lengkap daripada sebelumnya. Jadi masih ada beberapa tempat yang jadi to-do list saya dan Dudu di Korea Selatan.



Pemandangan dari atas kereta Chuncheon - Seoul. Jadi pengen turun kan?


Ski Resorts

Meskipun tidak main ski, tapi yang namanya mencari salju itu paling pasti ya ke Ski Resort. Yongpyong, Alpensia dan Elysian adalah tiga ski resort yang yang muncul ketika saya research tentang ini di internet. Alpensia dan Yongpyong sudah masuk dalam daftar di trip kemarin, tapi tidak kesampaian didatangi karena prioritasnya lebih ke Seoul dan Jeju. Bahkan dalam kereta menuju Seoul dari Chuncheon kami sudah melewati stasiun kereta menuju Elysian dengan tekad akan turun di sini next time kita di Korea. Mungkin di traveling berikutnya, kita berdua bisa fokus berburu salju. Belum kapok ketemu musim dingin haha. Yongpyong Resort adalah salah satu destinasi tertua di Pyeongchang dan terkenal sebagai lokasi syuting Goblin dan Winter Sonata. Alpensia adalah resort yang dibangun khusus untuk Pyeongchang Winter Olympic. Meskipun lebih kecil, fasilitasnya cukup lengkap.


Yongpyong & Elysian Resorts (photo courtesy of Visitkorea)
Yang paling harus dihitung adalah budget menginap haha. Masalahnya harga kamar semalam di resort-resort tersebut mencapai 3-4 juta. Setelah searching-serarching, di Yongpyong ada Youth Hostel yang memungkinkan saya dan Dudu menginap dengan lebih murah. Atau alternatifnya ya tetap menginap di Seoul atau di kota-kota sekitarnya. Kalau begini, Elysian Resort mungkin yang paling masuk akal untuk saya dan Dudu yang tidak main ski, karena letaknya yang dekat Gapyeong dan lebih accessible dari kereta. By the way, berdasarkan pengalaman ke Korea Selatan kemarin, kalau bicara hotel sebenarnya lebih layak stay di Chuncheon daripada Gapyeong. Chuncheon adalah kota yang cukup besar dengan beberapa penginapan yang layak dan daerah seru buat belanja. Tapi secara lokasi, Chuncheon lebih jauh letaknya. Kalau dari Gapyeong hanya 1 station menuju Elysian, dari Chuncheon ada 4 (kalau naik Subway) dan 3 (kalau naik ITX).

Winter Festival
Ke Korea Selatan itu harus datang ke festival. Jadi sebelum berangkat, cari tahu dulu ada festival apa yang sedang berlangsung dan kalau sempat ya mampir. Penting juga supaya tidak kehabisan hotel haha. Festival menyambut matahari terbit di tahun baru termasuk yang populer. Something we also missed di trip yang kemarin karena kita baru mendarat tanggal 1 Januari.

Di dekat Yongpyong dan Alpensia ada Pyeongchang Trout Festival. Banyak aktivitas yang dapat dilakukan seperti ice fishing dan menangkap ikan dengan tangan. Dudu pasti senang dan saya pasti kedinginan haha. Taebaek Snow Festival juga kelihatan seru karena banyak snow sculpture yang unik. Transportasi ke Taebaek National Park ini seharusnya mudah karena ada bis dari Dong Seoul Bus Station yang langsung menuju area ini. 


Trout Festival di Pyeongchang (atas) dan
Snow Festival di Taebaek Mountain (bawah) (photo couresy of Visitkorea)
Satu destinasi yang saya ingin coba (tapi Dudu mungkin protes karena melibatkan bersepeda) adalah Gangchon Rail Park.Tempat yang populer di musim lainnya ini katanya indah juga ketika salju turun. Harus menyiapkan jaket tebal dan sarung tangan yang benar karena kita akan mengayuh sepeda berdua, menyusuri Sungai Bukhangang selama 50 menit dan dilanjutkan naik semacam kereta ke Gangchon Station. Ada dua course yang bisa dicoba: Gimyujeong Station dan Gyonggang Station.

Naik ini bisa di musim dingin juga (photo couresty of Visitkorea)
Kenapa tidak Jepang? Sebenarnya ingin juga ke Jepang. Tapi kalau bicara traveling yang masih dalam rencana, saya ingin menyelesaikan Korea Selatan dahulu. Selain karena biayanya bisa lebih murah, saya sudah pernah ke sana, jadi untuk kepergian kedua kalinya bisa lebih fokus mengunjungi tempat wisatanya dan tidak panik ingin mencoba mampir ke semua sudut.

Idealnya sih Road Trip, tapi itu mungkin untuk rencana travel selanjutnya.

7 comments:

  1. wah mimpi juga ke sana, apalagi anakku pingin ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo direncanakan haha. Kalo GATF tiketnya murah. Aku kmaren dapet 3,5jt PP naik Garuda.

      Delete
  2. Ya ampun Mba Nina penginapan di sana segitu mihilnyaaaa? Tapi terbayarlah ya dengan suasana yang tak akan terlupakan D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya makanya banyak yang menyarankan pulang pergi dari Seoul, Teh. Soalnya resort semua haha. Nabungnya harus 2x lipat kalau mau menginap di lokasi.

      Delete
  3. Heeee, harga resort di sana 3-4 jutaan ._. mahaaal bet ya, aslik wkwkwk :D

    Tapi, aaaah impian sayaa ingin bisa ke luar negeri ah, dengan korea tentu salah satu destinasi yang hendak saya kunjungi uwuwuw :D

    ReplyDelete
  4. Akh pengen banget kesana, keluar negeri apalagi ke korea gini pemandangannya yang keren abis, dingin, dan akh mantap lah

    ReplyDelete
  5. aku kangen koreaaaaa :D. trakhir ksana , ga bisa lupain kulinernya sih yg enak2 parah hahahaha. jd kalo aku ksana lg, yaa lbh mau puaasin kuliner :D. anakku jg seneng. tp thn 2017 lalu krn kita keluarga pecinta themepark, jd lbh ksana mba :). apalagi kalo ada wahana ekstrem. dijabanin lgs :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir, jangan lupa tinggalkan komen. Mohon maaf untuk yang meninggalkan link hidup dan komen bersifat spam atau iklan akan dihapus.