30 August 2018

3 Cara Sederhana Hidup Asyik Tanpa Toxic

Capek. Yang namanya kerja di Jakarta pasti akrab dengan macet, perjalanan jauh dan polusi udara. Tiga bulan terakhir ini saya bekerja di kantor baru, dan jadi bertemu dengan keseruan peraturan ganjil genap. Berangkat lebih pagi, pulang lebih malam dengan pekerjaan yang tidak lebih mudah. Untungnya saya belum sempat sakit.

Kalau saya cerita tentang pekerjaan, banyak yang menyarankan “start you day with honey lemon”. Mulai harimu dengan minuman madu lemon. Rutinitas yang sempat viral di Instagram dan sempat juga diikuti teman-teman saya. Bahkan ada satu mom yang saya kenal selalu menyempatkan diri menyeduh segelas air hangat dengan campuran madu dan lemon untuk keluarganya sebelum mulai beraktivitas. Kalau melihat dia dan keluarganya jadi jarang sakit sih sepertinya beneran pengaruh.

Tapi kalau saya punya waktu untuk duduk dan menyeduh sesuatu setiap pagi, saya memilih untuk membuat kopi.


Dengan misi mengurangi konsumsi kopi setiap harinya, saya sering mencari minuman alternatif lain. Teh, jus, atau apapun yang ada rasanya dan tidak perlu pakai diseduh. Natsbee Honey Lemon salah satunya. Minuman kemasan lebih praktis karena bisa disimpan di kulkas dan tinggal dibawa beraktivitas besok paginya. Kata Dudu sih, “boleh juga”. Saya dan Dudu sempat berdebat karena buat saya madu-nya lebih terasa, sementara buat Dudu minuman ini sedikit asam. Tapi kita berdua setuju kalau memang lebih enak kalau dingin.

Madu memiliki kandungan anti-oxidan dari flavanoid yang berguna untuk membersihkan hari aktifmu dari polusi. Buat yang banyak bertemu radikal bebas, madu bisa jadi booster yang bagus. Sementara Lemon memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, pas buat yang punya gaya hidup tidak sehat dan banyak stressnya seperti saya ini haha.


Jadi bagaimana menjalani hari aktif tanpa khawatir ada toxic mengganggu? Resep saya cuma 3 (tapi yang nomor 2 jarang dilakukan haha).

Sibuk bukan berarti alasan untuk makan sembarangan. Tapi setidaknya saya berusaha menghindari makanan instan dan berbagai snack micin. Harus diakui masak sendiri sulit dan katering sehat itu mahal. Tapi kalau pilihannya antara mie instan dan warteg, saya pilih pergi ke warteg. Minumannya tinggal ambil kemasan macam Natsbee Honey Lemon dari cooler. Tidak masuk akal kalau saya maksa sama sekali tidak mau ketemu MSG atau pewarna makanan, tapi setidaknya kita bisa mengurangi porsinya. As simple as menghindari junk food saat pergi #DateWithDudu di akhir pekan.

Ini salah satu comfort food saya, nasi sama puyunghay
Selain makanan dan minuman, hidup #AsikTanpaToxic juga bisa dicapai dengan berolahraga. Bergerak dan berkeringat memicu toxin keluar dari badan kita. Minuman madu lemon ini banyak disarankan untuk diminum sebelum dan sesudah olahraga di pagi hari. Logikanya, saat berolahraga, tubuh membutuhkan banyak cairan. Dengan tambahan manfaat yang ada di madu dan lemon, tubuh kita bisa cepat kembali bugar.

Jangan malas bersihin make up. Saya sering banget begini. Biasanya pakai make up itu asyik tapi bersihinnya setengah mati. Asyiknya bisa, tanpa toxic-nya ntar dulu. Haha. Tapi ya malas cuci muka atau mandi setelah seharian terpapar radikal bebas dan polusi ibukota termasuk gaya hidup tidak sehat sih. Nanti begitu jerawat muncul, saya stress. Padahal kan gara-gara kemalasan saya sendiri ya. Ups.

Praktis dibawa jalan.
Small things matter. Sekedar minuman segar, atau muka yang terlihat mulus ala artis Korea bisa bikin hari aktif yang melelahkan jadi menyenangkan. Lumayan kan. Marah-marah dan hati yang kesal itu toxic juga lho sebenarnya. Dan kalau kita negatif, berarti kita dong yang jadi toxic buat lingkungan kita. Dibawa senang aja deh!

1 comment:

Terima kasih sudah mampir, jangan lupa tinggalkan komen. Mohon maaf untuk yang meninggalkan link hidup dan komen bersifat spam atau iklan akan dihapus.