25 June 2015

Fun Blogging di Communicasting Academy: Hobi, Profesi dan Teman Baru

Yang namanya jodoh seharusnya memang tidak kemana-mana. Saya sudah ingin ikutan acara ini sejak yang nomer 3, tapi baru berkesempatan ikut di nomer 5. Ternyata memang tidak salah pilih workshop karena banyak yang bisa dipelajari dari workshop bertema “Dari Hobi Jadi Profesi” satu hari yang diadakan di Communicasting Academy ini.



Dibagi dalam beberapa sesi, pelajaran pertama adalah dari seorang blogger professional, Haya Aliya Zaki, tentang bagaimana mengisi content yang baik ketika kita ingin membuat blog jadi profesional. Editing juga penting. Tulisan sudah naik bukan berarti kita santai. Ternyata berbeda dengan majalah yang kalau sudah naik cetak tidak bisa diapa-apakan lagi, menurut Mba Haya, justru penting membaca ulang postingan setelah publikasi. Waduh, saya harus sering-sering baca blog sendiri nih. Maklum, suka pakai postingan terjadwal karena kebanyakan hanya bisa posting pas akhir pekan. Habis dijadwalkan trus ya lupa. Musuh terbesar kita adalah typo (and yes, tulisan ini sudah dibaca ulang dan diedit).

Bagian kedua adalah cerita dari seorang blogger yang juga web designer, Shinta Ries. Berbagi ilmu yang terdengar teknis seperti masalah background, layout dan penempatan banner atau iklan di web kita, banyak pelajaran baru yang bisa didapat dari sesi ini. Berarti PR saya liburan lebaran kali ini bertambah 1 lagi: membereskan layout blog saya agar jadi simple.

Di sesi ini juga banyak memberikan kontemplasi tentang apakah kita seharusnya menggunakan domain berbayar (top level domain) jika ingin berprofesi sebagai blogger. Jawabannya YA. Tapi domain gratisan masih bisa jadi pilihan karena pembicara sesi terakhir yaitu Ani Berta mengaku masih menggunakan domain gratisan. Sesi Mba Ani membicarakan tentang personal branding dan bagaimana cara mendapatkan job sebagai blogger.



Teman-teman baru (lama?) saya. Photonya pinjam dari tokopedia
Yang mengesankan dari ikut Fun Blogging ini adalah teman-teman yang ramah. Walaupun baru pertama kali bertemu teman-teman ini (termasuk para pembicaranya) setelah sekian lama hanya colek mencolek di dunia maya, saya terkesan dengan keramahan dan semangat berbagi mereka. Juga dengan Communicasting Academy selaku tuan rumah. Fasilitas pelatihan penyiaran yang terletak di Jl. Sultan Iskandar Muda, Jakarta Selatan, ini memiliki beberapa kelas seperti Presenter dan Reporter TV, Penyiar Radio, MC dan Public Speaking. Selain kelas reguler, ada banyak workshops dan events yang bisa diikuti. Registrasinya juga bisa online di communicastingacademy.com

Salah satu pelatihan di Communicasting Academy
(photo courtesy of Communicasting Academy) 
Selain pelatihan individual, Communicasting Academy juga memiliki pelatihan untuk perusahaan yang dapat disesuaikan materinya dengan kebutuhan. Dan ternyata tempat ini juga memiliki kelas untuk anak-anak. Wah, boleh nih kapan-kapan mengikutkan anak saya latihan di sini. Tempatnya nyaman dan fasilitasnya super lengkap. Meskipun saya menyesal belum sempat keliling karena ada janji nge-date dengan anak, tapi sempat lihat-lihat ketika nyasar mau kembali ke mobil waktu break makan siang. Senang bisa menemukan tempat ini di Jakarta Selatan yang terjangkau dari rumah.

Kalau kata Mba Ani, “Blogging adalah hobi, bisa dapat penghasilan itu bonus.” Kali ini ternyata dapat teman dan pengetahuan baru juga.

6 comments:

  1. Hai, senang bertemu kamu, walau cuma sebentar. Memang asyik ya ikut FB

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nagih Mba... hahaha... apalagi aku udah "ngidam" ikutan dari yang dulu-dulu. Pas beneran bisa ikut rasanya HORE gitu hahaha...

      Delete
  2. halo, teman sebelah bangku :)
    saya termasuk yg telat bisa ikutan fun blogging. tapi untung telat, kan kita jadi bisa kenalan.
    moga sukses buat lombanya ya mbak ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benerrr hahaha... kalo ikut yang dulu-dulu kita ntar ngga ketemu.

      Delete
  3. Nice to meet you Mba Ruth :)
    Makasih udah hadir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mba Ani. Banyak belajar saya di acara ini. Terima kasih sudah sharing ilmunya.

      Delete

Terima kasih sudah mampir, jangan lupa tinggalkan komen. Mohon maaf untuk yang meninggalkan link hidup dan komen bersifat spam atau iklan akan dihapus.