06 January 2014

Biarin Aja (Bagian 1): “Ini warnaku...”

“Du, awas gunting itu tajem.”
“Du, itu catnya berantakan. Gimana sih mewarnainya? Masa pohon warnanya biru?”
“Du...”
Akhirnya anak saya bohwat dan ngambek karena saya terlalu cerewet.


Ikutan acara menggunting menempel pas usia 3 thn
 “Mama pipi gembul yang cerewet.” Begitu katanya. Cuma-gara-gara saya memperingati dia tentang bahaya menggunakan gunting. Padahal gunting itu juga gunting yang aman untuk anak-anak, yang saya beli karena khawatir kalau Andrew pakai gunting beneran... tapi tidak mau membatasi kretivitasnya.

Kadang kita gemes banget ngeliat si anak menempel ngga rapi, mewarnai keluar garis, menggunting ngga sesuai garis putus-putusnya dan menggambar seenaknya. Tapi kita harus ingat bahwa well, yang menggambar kan mereka. Ya terserah mereka dong mau pake krayon yang mana. Jadi cobalah menahan diri, tarik nafas panjang dan biarkan anak-anak berimajinasi sesuai apa yang mereka bayangkan. 


Serius bekerja at Kiddy's Place
Believe it or not, it took me years to let go. Membiarkan pohon berwarna ungu atau awan berwarna hijau (memangnya mau ada tornado?). Terutama waktu dia ikutan lomba mewarnai dan nangis karena kalah. Dan sekarang, setelah dia lulus TK dia mulai mewarnai dengan warna yang "benar" (menurut pandangan umum itu warna yang benar) tapi dia juga punya dunia imajinasi di mana semuanya dia yang atur. Saya ngga pernah mengikutkan dia lomba mewarnai.

So akhir tahun 2013 lalu, saya mampir untuk pertama kalinya ke Kiddy's Place, tempat yang mewarnai gambar itu. Di saat semua ibu-ibu sudah duduk manis bersama toddler mereka, anak saya sudah SD dan baru pertama kali mencoba mewarnai.

Kacau?
Ngga juga tuh ternyata. Kita seru mewarnai berdua, belepotan berdua dan puas banget sama hasilnya. Meski kali ini saya yang harus minta ijin boleh ngga sepatu ice skating itu diwarnain hijau (ya boleh lah,hijau kan warna kesukaan Dudu).

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, jangan lupa tinggalkan komen. Mohon maaf untuk yang meninggalkan link hidup dan komen bersifat spam atau iklan akan dihapus.