16 May 2015

Mencoba Yoga Berdua

Olahraga apa sih yang bisa dilakukan berdua oleh anak kecil super aktif yang punya Mama hobi duduk di cafe sambil ngeblog (dan menolak keringetan)? Jawabannya adalah Yoga. Satu olahraga yang saya tekuni sejak kembali ke Indonesia, meskipun tidak rutin, dan cukup membantu menghilangkan berat badan tidak perlu.

Olahraga favorit saya berenang soalnya kalori terbakar tanpa harus keringetan. Andrew senang berlari, meskipun dia sering mengeluh larinya pelan. Kalau ikut acara lari, biasanya saya menunggu dia di garis finish sambil minum kopi hitam. Haha. Mission failed. Jadi ketika menemukan Yoga, saya berharap ini bisa jadi olahraga kita berdua.

Awalnya karena diajak teman sekantor. Iseng-iseng, kok ternyata bisa dan ternyata efektif bikin badan jadi segar. Tidak perlu peralatan mahal atau keanggotaan gym, cuma perlu matras doang. Ikut Yoga tidak ada target. Sudah beberapa kali ganti instruktur semuanya selalu bilang disesuaikan dengan kemampuan saja. Kalau tidak bisa cium lulut tidak apa-apa. Tapi jangan dikira Yoga itu gampang ya? Bisa pegal-pegal seminggu kalau baru ikutan. Dan ikut Yoga juga keringetan lho.




Satu ide lomba foto bertema "kompak dengan Mama" membuat saya mengajak Dudu mencoba Yoga. Ternyata dia mau. Namanya juga anak-anak, apapun yang dilakukan orang tuanya biasanya dia juga penasaran mau coba. Dan bagian keseimbangan ternyata seru banget untuk Dudu. Semakin besar, Dudu sering mengeluh tentang dirinya yang lacking hand-eye coordination skill. Dudu memang agak hyperactive plus ceroboh dan kurang bisa konsentrasi. Jadi kalau memukul shuttlecock atau menendang bola biasanya gagal dan dia sering dimarahi teman-temannya. Ada masanya dia sampai latihan pingpong setiap Minggu pagi di rumah hanya supaya jadi lebh baik.

Back to Yoga. Satu event membawa saya Yoga bersama anak. Yoga yang serius, sebenarnya untuk para Mama. Karena weekend adalah waktu #DateWithDudu, maka terbawalah si Dudu ke acara Yoga para Mama. Daripada bengong, akhirnya dia ikutan Yoga. Semangat gelar matras dan mengikuti setiap gerakan yang dilakukan instruktur. Masalahnya, si Dudu berisik dan mengkomentari setiap gerakan. Untung saya tidak dimarahi Mama yang lain.





Mama: Yoga itu apa, Du?
Dudu: Yoga itu olahraga yang membuat kita jadi langsing dan sehat.
Mama: Hah?
Dudu: Yoga bisa membuat kita melakukan gerakan yang mustahil seperti tangan memegang kaki dan mengangkatnya.
Mama: Yang membuat Yoga susah apa?
Dudu: Soalnya kalau orang mengangkat kakinya ke atas itu, dia akan jatuh pelahan-lahan karena dia tidak bisa seimbang.

Lalu datang kesempatan Mom&Me Yoga dari Mommies Daily. Acara yang diadakan di Bliss Kemang ini didedikasikan untuk untu ibu dan anak. Jadi aman bawa anak, meskipun Dudu jadi peserta paling tua. Yang ini seru, soalnya gerakan Yoga tidak sesulit yang untuk orang dewasa dan ada ceritanya. Instruktur kita Ms Vivi mengajak kita "liburan ke pantai" dan gerakan Yoganya disesuakan dengan cerita itu. Mulai dari bangun tidur, mandi, pakai sepatu, ke airport, naik pesawat, naik kapal sampai balik lagi ke rumah dan tidur.

Mom&Me Yoga dari Mommies Daily


Di tengah gerakan, Dudu protes, "Gimana kalau menginap di hotel dulu?"

Hahahahaha...

Selain olahraga, kita juga jadi bonding, karena ya gerakannya dilakukan berdua. Dan karena Dudu sudah hampir setinggi saya, maka banyak gerakan yang saya iseng tukar posisi seperti gerakan gerobak. Saya jadi teringat salah satu instruktur Yoga yang melatih kita bersama dengan anak laki-lakinya yang sudah SD.

Ngintip pbs.org, ada beberapa benefit Yoga yang menurut saya berguna untuk anak, terutama yang aktif. Yoga mengajarkan kita untuk menyalurkan energi dengan lebih tepat/efektif, untuk bernafas dengan benar sehingga kita merasa lebih santai, untuk lebih tenang sehingga kita bisa mendengarkan tubuh kita, orang lain dan lebih fokus melakukan sesuatu. Yoga juga mengajarkan keseimbangan, bukan hanya fisik tapi juga pikiran.

Completing a Yoga routine is an accomplishment for Andrew, si ceroboh yang suka asal. Olahraga yang mengajarkan mengatur pernafasan dan konsentrasi ini bisa membuat Dudu jadi lebih tenang, paling tidak untuk saat itu. Gimana, mau coba Yoga sama anak juga?

1 comment:

  1. wih, mantap yoga.
    sehat dengan cara yang unik.....

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir, jangan lupa tinggalkan komen. Mohon maaf untuk yang meninggalkan link hidup dan komen bersifat spam atau iklan akan dihapus.