14 May 2017

Menemukan Enak, Sehat dan Jus Wortel dalam Satu Botol

Jus wortel itu mengandung vitamin A yang baik untuk mata. Karena teori itulah Dudu, yang hobi main game, jadi terobsesi dengan sayuran yang satu ini. Apalagi ketika iseng ikutan periksa mata sama saya, ternyata dia sudah ada minusnya.

Minusnya masih nol koma sekian, belum signifikan. Tapi anaknya keukeuh kalau dia tidak mau berkacamata karena tidak suka melihat seluruh keluarga yang berkacamata. Jadi jus wortel jadi jawabannya. Sudah sekitar 2 tahun terakhir anak ini rutin konsumsi jus wortel, setidaknya seminggu sekali. Tapi ini bukan berarti lantas saya santai karena kebutuhan serat dan vitamin anak sudah terpenuhi. dr Rida Noor SpGK menjelaskan bahwa “tubuh kita membutuhkan vitamin untuk mencerna dan vitamin ini adanya di buah-buahan dan sayur-sayuran. Setiap buah dan sayur memiliki komposisi yang berbeda-beda, maka itu makan buah dan sayur pun harus beragam.”

Satu botol VegieFruit (300ml) memenuhi 100% kebutuhan vitamin C harian

Lalu saya jadi menghitung jumlah sayuran yang disukai Dudu dan setidaknya yang mau dia makan. Brokoli, Bayam, Kangkung, kadang-kadang kacang panjang dan buncis. Buahnya hanya apel, pir, jeruk dan kalau dicerewetin dia masih mau makan semangka dan pepaya. Selesai menghitung itu saya kembali mendengarkan penjelasan dr Rida, yang merupakan bagian dari acara perkenalan minuman baru milik PT Kalbe Farma bernama Vegie Fruit. Vegie Fruit Premium adalah jus sayur dan buah yang terdiri dari wortel, jeruk dan nanas. Varian yang ini namanya Carrot Squeeze. Kombinasi ketiga buah dan sayur itu dipilih, selain karena vitamin A, C dan Beta Karoten bisa didapatkan di sana, jus buah-sayur ini juga merupakan kombinasi favorit banyak orang. “Berdasarkan survey ke pedagang jus, kombinasi inilah yang banyak dibeli orang,” demikan penjelasan Adelia Pramasita, Brand Manager Juice Category, PT Kalbe Farma. Jadi kombinasi ini enak tapi sehat. Atau kalau mengutip semangat brandnya, “it’s deleasyousvegie – Delicious and easy way to have veggie.”

Sehat, enak dan mudah. Kenapa harus mudah? Di awal diskusi, para ibu yang hadir ditanya oleh MC, siapa yang sarapannya sayur? Yah, Mbak MC, jangankan sarapan. Seharian saja saya bisa skip sayur dan buah karena memang tidak suka. Buah kesukaan saya, Durian dan Mangga, biasanya membuat orang terhenyak. Sayur kesukaan saya, Timun, bisa membuat orang lebih bengong lagi. Haha. Jadi, melirik tema diskusi di Ciputra Medical Center hari Sabtu pagi itu, “Ibu Cerdas Pastikan Asupan Sayur dan Buah Terpenuhi untuk Keluarga,” saya merasa dapat teguran. Soalnya, karena saya tidak suka sayur, otomatis Dudu tidak terbiasa makan sayur. Jus Wortel dan buah apel potongan yang dimakan sebagai snack adalah inisiatif dia sendiri. Mungkin ini adalah momen dimana saya merasa gagal jadi ibu, selain ketika dia beli tablet pakai uang sendiri itu.

Tapi tunggu dulu. Saya tidak sendirian. Menurut data yang dipaparkan Sakri Sab’atmaja, SKM, Msi, Kasubdit Advokasi dan Kemitraan, Kementrian Kesehatan RI, masyarakat Indonesia yang menkonsumsi buah dan sayur setiap harinya tidak sampai 8%. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab rendahnya konsumsi sayur dan buah, misalnya “produksi buah dan sayur yang masih kurang, kualitas yang kurang oke dan packaging yang tidak bagus menyebabkan buah dan sayur menjadi kurang menarik untuk dibeli. Selain itu, gaya hidup yang sibuk membuat banyak orang kurang memperhatikan pola hidup yang sehat,” jelas Bapak Sakri. Hal ini kemudian menyebabkan pergeseran pola penyakit yang diderita masyarakat Indonesia dari penyakit menular menjadi penyakit yang disebabkan oleh perilaku dan gaya hidup seperti jantung koroner dan diabetes. 




Vegie Fruit sehat karena tidak pakai bahan pengawet namun dibuat dengan teknologi UHT. “Aman untuk dikonsumsi selama belum dibuka. Jika sudah dibuka sebaiknya segera dihabiskan,” saran Adelia. “Jika ada perubahan warna, itu disebabkan karena reaksi buah dan sayur yang digunakan.” Meskipun diminum pada suhu ruangan juga bisa, tapi yang namanya jus kan tetap lebih enak dikonsumsi dingin.

Satu hal yang perlu diingat, Vegie Fruit hadir bukan menggantikan buah dan sayur yang perlu dikonsumsi setiap hari, tetapi sebagai pilihan di tengah sibuknya rutinitas kita. Satu botol VegieFruit (300ml) memenuhi 100% kebutuhan vitamin C harian, mengandung 12,18gr serat pangan dan mengandung 638,1 IU Vitamin A. Ada 21gr gula dan 130kkal dalam setiap botolnya. Tapi menurut dr. Rida yang namanya makan buah dan sayur itu dimulai dari proses mengunyah. “Ada enzim yang dikeluarkan dan menstimulasi saluran cerna kita untuk mulai membentuk enzim yang dibutuhkan untuk proses pencernaan. Maka itu serat yang sulit dikunyah sebenarnya baik.”

Nanas di kaos dan Nanas di Vegie Fruit
Jadi rasanya Vegie Fruit gimana Du?
Cara paling mudah jadi ibu cerdas yang memastikan supan sayur dan buah anak terpenuhi ya dengan menyelipkan sebotol minuman ini di tas bekal sekolah si Dudu. Tapi sebelum itu, saya taruh satu botol di sampingnya saat makan siang yang isinya nasi, daging, telur dan rumput laut itu.

Dudu: Ini minuman baru yang Mama mau aku coba?
Mama: Iya.
Dudu: Ini jus sehat?
Mama: Iya.

Vegie Fruitnya diperlakukan sama dengan kalau dia mau mencoba sayuran atau buah baru. Terlalu hati-hati dilihat teksturnya, dicium baunya. Ini juga begitu. Dia mulai membaca nama dan ingredientsnya. Dibuka botolnya lalu dicium baunya dulu.

Dudu: Jus wortel ya? Kok pakai jeruk?
Mama: Katanya di tukang jus yang laku Orange Carrot. Dicoba dulu aja lah.

Minum seteguk.

Mama: Suka ngga?
Dudu: Suka.
Mama: Kemanisan?
Dudu: Enggak sih, tapi rasanya seperti rasa nanas.
Mama: Memang ada nanasnya kan?
Dudu: Kapan ada rasa Apple Carrot?

Waduh itu coba ditanyakan ke yang membuat. Lalu ada satu protes lagi dari si Dudu tentang minuman ini.

Mama:
Mama bawain ke sekolah ya. Buat snack time.
Dudu: Tapi botolnya terlalu besar. Pabriknya tidak membuat ukuran botol yang lebih kecil jadi bisa masuk tas aku?

Yah, nanti coba disampaikan ya Du.

4 comments:

  1. Aku sudah pernah coba. Lumayan enak,menurut aku yang gak begitu suka manis.Praktis pula. Daripada minum softdrink kan yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Daripada soft drink atau teh kemasan, mendingan minum ini sih.

      Delete
  2. oke, boleh dicoba tuh rasanya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir, jangan lupa tinggalkan komen. Mohon maaf untuk yang meninggalkan link hidup dan komen bersifat spam atau iklan akan dihapus.