18 May 2014

Kisah Anak Penurut

Beberapa waktu lalu saya ikutan jajak pendapat di Majalah Sang Buah Hati tentang tips membuat anak menjad penurut. Ternyata pendapat saya terpilih menjadi yang dapat langganan majalah 6 bulan. Horeee...

Horee Masuk Majalah!
Membaca pendapat para ibu-ibu lainnya, saya jadi tahu perspektif orang tua lain tentang anak penurut. Ada Ibu yang menekankan pentingnya ridho/restu seorang ibu dalam semua kegiatan si anak. Tanpa ridho/restu Ibu, anak tidak akan berhasil. Untuk itu anak perlu menjadi penurut agar mendapatkan restu/ridho ibunya. Well, ini sedikit mengejutkan buat saya karena berbeda dengan yang diajarkan orang tua saya. Papa saya selalu bilang “terserah kamu, pokoknya Papa ngga mau ntar sudah meninggal, kamu maki-maki Papa sama Mama di kuburan karena sudah membuat hidup kamu susah dengan memaksa mengikuti keinginan orang tua.”

Sementara anak saya pernah protes dengan membalik pernyataan tersebut: “Kalau Mama ngga dukung aku, berarti Mama ngga sayang aku.” Dan (jreng jreng) rupanya ada juga ibu yang menggunakan cara anak saya untuk mendapatkan anak penurut. Ada ibu yang memberitahukan konsekuensi pembangkangan anak. Tentunya dengan nada agak mengancam... dan saya ngga munafik, kadang pakai cara ini juga kalau malas mikir. Akhir-akhir ini anak saya yang punya naluri “untung-rugi” (kalo untung dikerjain, kalo rugi dia ogah) sudah bisa berpikir dan menimbang-nimbang sendiri. Jadi saya ngga perlu pusing bilang “Kalau kamu ngga mandi ntar bau trus ngga ada cewek mau deketin kamu....” dia sudah ngeh sendiri.

Terus apa dong arti anak penurut buat saya?

Well, yang jelas saya ngga mau anak penurut. Saya mau anak melakukan apa yang menurut dia baik, dan dia harus sadar sendiri melakukan hal tersebut. Bukan karena takut ngga dapat restu ibu, bukan karena takut dimarahi guru, dan bukan karena takut bikin Mama sedih. Saya mau dia melakukan sesuatu hal untuk dirinya sendiri, bukan karena orang lain (termasuk orang tua).

Apa saya salah?

Ngga tau. Yang namanya gaya parenting itu kan (buat saya) ngga ada salah ngga ada bener. Sama kayak 1001 cara bikin nasi goreng. Mau tambah sosis, kalo anaknya ngga suka sosis kan jadi ngga enak. Jadi semuanya tergantung cocok-cocokan aja sama style saya dan style anak saya. Kayak pakai hak tinggi, cantik dan bikin kaki jenjang, tapi kalau ngga bisa jalan ya mendingan ngga usah dipake. Cara saya belum tentu pas buat keluarga lain dan sebaliknya, cara yang efektif buat keluarga lain belum tentu cocok diterapkan buat si Dudu.
Jadi saya suruh si Dudu baca pendapat saya di atas tadi. Dia baca sambil ketawa-ketawa. “Oh, jadi begini caranya Mama membuat aku jadi penurut? Apakah ada cara untuk menangkal cara Mama ini?”
Kasih tau ngga ya? HAHAHAHAHA


1 comment:

  1. setuju, Mbak. Yang namanya parenting seringkali gak ada yg salah atau benar. Tapi, saya juga gak pengen anak terlalu penurut sampe gak berani berpendapat sama saya atau ayahnya, sih. Saya juga pengen anak berani berpendapat

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir, jangan lupa tinggalkan komen. Mohon maaf untuk yang meninggalkan link hidup dan komen bersifat spam atau iklan akan dihapus.