24 December 2013

Guci: A Hidden Destination

It started with a sudden turn my mom made somewhere in Tegal. 
After an hour or two drive, we finally get to see this:



Selamat datang di Guci.

Setelah mendengar tentang Guci sekian lamanya dari Nenek yang bolak-balik retret bersama gerejanya ke sana, akhirnya kita mampir juga ke “daerah wisata legendaris” ini. Kenapa legendaris? Soalnya cerita tentang Pemandian Air Panas di Guci sudah dari jaman saya masih kecil, dan kita bisa setahun dua kali lewat Pantura, tapi itidak pernah ke Guci. Akhirnya kesampaian, dan sekaligus dua kali. Desember 2012 dan Maret 2013.

Ngapain sih di Guci? Well, the first thing is escaping the hustle and bustle of big city noise. Udara segar, pemandangan alam yang indah dan suasana yang relax membuat Guci cocok dikunjungi bersama keluarga. Tapi mirip-mirip sama Puncak, kalau musim liburan penuh banget. Dan wajib booking. Soalnya, luck doesn’t come twice. Meskipun di kunjungan pertama kita berhasil dapat kamar di hotel Duta Wisata Guci Tegal (owned and managed by 2Tang), di kunjungan kedua, hotel itu penuh banget dan kita terpaksa pulang hari dan nginep di Brebes.

Dari dua kali kunjungan itu, kita dapat banyak pengalaman.




Day Visit vs Staying Overnight
Pulang hari juga asyik kok. Guci ngga mengenal waktu meskipun asumsi saya lokasi wisata ini baru buka sekitar jam 8, tapi karena wisata alam, ya 24 jam available. So if you want to do a day trip, go early and decide where you’d go and stay overnight afterwards. Brebes, Tegal, Purwokerto? Kalo dari dan balik Jakarta sih buat saya yang bawa anak kecil, agak kejauhan ya.

Kalau menginap, siap-siap bosen sama makanannya. Banyak warung jajanan, tukang sate dan buah segar, tapi ya itu. Makan paling enak di hotel. Anak saya juga bisanya makan di hotel. Banyak hal yang bisa dilakukan dan kita jadi lebih santai. Tapi siap-siap kalau malam dingin dan bingung mau ngapain begitu matahari terbenam. Good family bonding chance sih.



Hotel Duta Wisata Guci Tegal

Where to Stay
Highly recommended is Hotel Duta Wisata Guci. Selain ada kolam renangnya (gratis bagi tamu hotel), kamarnya juga cukup bersih. Keluarga bisa menyewa villa dan tinggal lebih nyaman. Tapi di sekitar Hotel itu ada beberapa hotel lain yang lebih kecil dan beberapa vila yang disewakan sepanjang jalan menuju Guci. Jika mengunjungi Guci saat high season, sebaiknya booking dahulu.


What to Do (with kids)
  • HIKING! Ya ngga beneran naik gunung sih, tapi berjalan ke atas bukit lalu melihat pemandangan Guci dari atas. Bagus banget! Di kunjungan kedua kita naik sampai ke atas, ketemu hutan pinus (?) (This is Andrew's favorite thing to do: "Aku suka ke Guci, gunungnya tinggi dan kita bisa naik sampai atas.")
  • Permandian air panas. Ada permandian umum kalau mau air panas, atau kalau sekadar bermain air sih bisa di kolam renang hotel. 
  • Naik kuda.
  • “Treasure Hunting” berkeliling pasar melihat makanan dan buah segar.


Swimming Pool at Duta Wisata Guci



Maximize Your Trip:
Yang jelas, lupakan gadget dan TV selama di sini. Selain susah sinyal (dan colokan haha), suasana tempat ini juga somehow membuat kita ngga ingin pegang gadget.

Hello from the Guci Hilltop

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, jangan lupa tinggalkan komen. Mohon maaf untuk yang meninggalkan link hidup dan komen bersifat spam atau iklan akan dihapus.