18 March 2015

Mencari Solusi Kulit Kering

Akhir-akhir ini saya musuhan sama yang namanya AC, soalnya saya sedang menyalahkan teknologi tersebut atas kulit saya yang super kering.

Coba bayangkan saja, di rumah kena AC karena si Dudu tidak bisa hidup tanpa pendingin ruangan. AC dimatikan dia langsung keringetan dan ribut kepanasan (tapi tidak berlaku kalau lagi di Puncak atau Bandung). Di mobil kena AC juga. Di kantor, ACnya ada di atas kepala saya. Pasrah deh.


Ada yang bilang tabir surya juga berguna
untuk mencegah kulit kering
Kalau saya complain, Dudu suka kasihan dan rela hidup tanpa AC. Soalnya kasihan sama si Mama yang kulitnya jadi kering. Tapi lama-lama panas juga. Parahnya, akhir-akhir ini kulit keringnya mulai melebar ke kulit kepala. Jadi malas kan kalau dikira ketombean. Beberapa saran dari teman dan Mbah Google sudah pernah dilakukan, cuma ya itu, kadang berhasil hilang tapi 1-2 hari kemudian muncul lagi.

Ini yang penah saya coba, siapa tahu berguna buat yang lainnya meskipun buat saya masih belum berhasil.

  1. Minum air putih yang banyak. Apalagi pencinta kopi seperti saya dan kita semua tahu kalau kopi bikin dehidrasi. Peraturan saya sih 1 gelas kopi sama dengan 2 gelas air minum.
  2. Pakai ointment sebelum pakai make up. Soalnya foundation menutup pori-pori kulit dan ointment selama ini berhasil mencegah kulit saya jadi kering waktu pakai make up. Ointment dari eksrak pepaya yang dioleh-olehin teman dari Australia ini cukup efek mencegah kulit jadi sangat kering, tapi tetap saja tidak menjadikannya normal.
  3. Jangan cuci muka pakai scrub atau air hangat. Kalaupun harus pakai sabun cuci muka, saya pakai yang biasa saja. Jangan juga pakai yang oil control, ntar muka tambah kering dong. Kalau dari hasil Googling sih disuruh menghindari sabun yang mengandung deterjen, tapi gimana lihatnya ya? 
  4. Jangan bergadang. Soalnya semakin kurang waku tidur kita, kulit semakin tidak sehat karena kurang istirahat.
  5. Diniatin makan sayur dan buah. Kalau kulit kering paling berasa di kaki, karena saya dari kecil tidak suka mengkonsumsi sayuran, maka seminggu tanpa sayur itu biasa. Yang ada kulit kaki pecah-pecah dan saya baru ingat belum makan sayur. Jadi mungkin ini efek juga untuk kulit muka.
Solusinya mungkin memang jangan terlalu sering berada di ruangan AC, tapi hari begini, ke mana bisa cari udara luar? Jadi sekarang ini pasrah pakai pelembab saja. Belum ada solusi lain yang hendak dicoba. Ada tips lain yang bisa dishare?

Mungkin kulit keringnya karena stress dan butuh liburan?

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, jangan lupa tinggalkan komen. Mohon maaf untuk yang meninggalkan link hidup dan komen bersifat spam atau iklan akan dihapus.