03 June 2016

24 Free Fun Things to Do in Singapore for Family

Singapore is a fine city. Pernah lihat kaos bertuliskan begitu dengan gambar daftar denda? Tapi buat saya, kata "fine" di sini bermakna positif. Jadi, daripada membuat list denda, saya membuat list hal-hal gratis yang bisa dinikmati di Singapura. Let's get started!

With love from Fort Canning Park Singapore
Singapura juga identik dengan negara (atau kota?) ramah anak yang banyak sekali fasilitas gratisan untuk keluarga. Liburan sekolah yang sudah di depan mata, biasanya negara tetangga yang satu ini menjadi destinasi liburan favorit. Termasuk saya dan Dudu. 

MARINA BAY

Dulu tempat ini hanya satu mall. Lalu muncul F1, Singapore Flyer dan yang terakhir Marina Bay Sands dengan segala kemegahannya.Walaupun tidak hobi belanja, tapi berjalan dan foto-foto di dalam Marina Bay Sands kerap jadi aktivitas favorit kita berdua. Apalagi menyusuri kanal yang seperti di Macau itu. Mungkin seuatu hari kita bisa menyempatkan naik juga. Marina Bay Sands juga tempat kita nonton The Lion King bertahun-tahun lalu, dan sejak itu masih tersimpan rasa ingin nonton musical lain yang belum kesampaian.



Marina Bay at Sundown
Marina Bay Sands memang mewah, tapi bukan berarti kita harus menghabiskan banyak uang di sana. Saat membuat list “Free stuffs in Singapore with Kids,” saya terkejut sendiri melihat banyaknya hal seru yang bisa dilakukan di Marina Bay (exit Bayfront). 

1. Nonton laser show di malam hari. Ada 3 pertunjukan: 8.00, 9.30 dan 11.00. Setiap pertunjukan sekitar 15-20 menit dan ada baiknya hadir lebih dulu agar dapat tempat pas. Pertunjukan ini outdoor ya, jadi tergantung cuaca juga.

2. ArtScience Museum Free Friday. Setiap hari Jumat, 4 orang anak-anak gratis masuk ke museum di Marina Bay ini hanya dengan membayar tiket 1 orang dewasa. Jadi, untuk yang ke Singapura, atur jadwalnya agar bisa mampir di hari Jumat. Lumayan bisa hemat 19 SGD/anak untuk tiket all access.



3. Far East Organization’s Children’s Garden menyediakan waterpark dan rumah pohon gratis untuk anak-anak. Buka hingga jam 9 malam pada akhir pekan.


4. Garden By The Bay itu sebenarnya tidak bayar. Yang bayar hanya kalau kita masuk ke dome, conservatories dan naik ke OCBC Skyway. Jadi bagian lainnya seperti Dragonfly and Kingfisher Lake, Sun Pavillion, Heritage Garden dan lainnya bisa didatangi dengan gratis. Plus, garden ini buka dari jam 5 pagi, jadi yang tidak mau kehilangan moment di Singapore bisa visit ke sini sebelum masuk mall. Haha.

5.Merlion Park & One Fullerton terletak di seberang Marina Bay Sands. Bisa jalan kaki meskipun berputar agak jauh menyusuri danau. Atau kita bisa exit di MRT Raffles Place yang langsung muncul di One Fullerton. Pada malam hari, terutama weekend, tempat ini ramai dikunjungi keluarga dan pasangan karena ada banyak restaurant. 

6.Helix Bridge menyambungkan bagian Esplanade, Singapore Flyer dan kota Singapura dengan Marina Bay Sands. Jadi untuk yang suka jalan kaki sebaiknya turun di MRT Promenade dan berjalan menyebrangi Helix Bridge sambil menikmati pemandangannya.

Siap menyeberangi Helix Bridge!
PARKS, NATURE & PLAYGROUND


Salah satu yang membuat saya jatuh cinta dengan Singapura adalah banyakan taman dan tempat bermain anak-anak yang gratis. Bolak-balik membawa Dudu ke sini sejak bayi, saya tidak pernah merasa kesulitan menemukan sesuatu yang membuatnya senang. Namanya juga anak kecil, tidak perlu naik rides sekeren Universal Studio, main air di pancuran saja sudah happy. Makanya, mumpung ada di Singapura, yuk kita kembali kenalan sama alam dan memanfaatkan ruang untuk bergerak.

7. Jacob Ballas Children's Garden yang terletak di komplek Singapore’s Botanical Garden ini unik. Orang dewasa boleh masuk kalau bawa anak-anak di bawah 12 tahun, dan anak-anak bisa masuk kalau ditemani orang dewasa. Semuanya gratis.

Jacob Ballas Children Garden
8. Dan taman ini bukan satu-satunya yang gratis, karena di Singapura ada banyak taman yang dapat dikunjungi secara cuma-cuma. Yang recommended untuk para pencita olahraga dan alam adalah East Coast Park dan Bishan-Ang Mo Kio Park. Sedangkan yang ingin mencoba playground dapat mengunjungi West Coast Park, Tiong Bahru Park dan Pasir Ris Park. Cek selengkapnya di website resmi Singapore Parks ya.

9. Playground tidak melulu hanya ada di taman, karena rooftop di shopping mall bisa jadi menyimpan playground dan water playground tersembunyi yang bisa menjadi tempat bermain anak. Kita pernah mampir ke Sembawang Shopping Center dan terpana melihat rooftopnya. Dan menurut kabar terbaru, Singapore Sports Hub di Kallang Wave sudah buka, plus dengan lazy river (SGD 2). Cek selengkapnya di Bumblebeemum ya.

10. Tidak mengunjungi Sentosa bukan berarti kita tidak bawa baju ganti dan handuk kecil. Singapura punya banyak water fountain gratis yang bisa membuat anak mendadak minta main air. Ada di Vivocity (mall tempat kita naik tram ke Sentosa), Bugis Junction, Clarke Quay dan beberapa mall lainnya.

11. Marina Barrage sudah jadi tempat to do list saya sejak main game My Singapore City haha. Taman yang sebenarnya adalah bendungan di daerah Marina ini ada restoran, water playground, dan art gallery. Selain itu, ada banyak festival yang diselenggarakan di sini. Yang paling populer sih, tempat ini adalah tempat main layangan. Haha.

SENTOSA ISLAND

Masuk ke Sentosa memang bayar, (SGD 4 kalau naik Sentosa express) tapi banyak aktivitas bebas biaya dapat dilakukan di sana. 

"Itu Sentosa Island Ma?"
12. Hore kita ke pantai! Di Sentosa ada beberapa pantai yang bisa menjadi pilihan: Palawan, Siloso dan Tanjung. Pantai Palawan lebih untuk keluarga, dengan beach playground dan Port of Lost Wonder (tapi masuk sini bayar). Dari pantai ini juga kita bisa menyeberang jembatan ke ujung daratan paling selatan dari benua Asia. Siloso, yang pada siang hari sepi, biasanya lebih identik dengan bar, restoran dan beach party. Pantai ini cocok untuk yang ingin bersantai, duduk dan menikmati makanan dan minuman sementara anak-anak bermain di pantai.

Palawan -- dan the southernmost point of equatorial Asia. Seperti pantai pribadi kalau hari biasa
13. Meskipun kesemua pantai ini dapat dicapai dengan jalan kaki, namun Sentosa bisa jadi panas dan lebih baik keliling dengan Beach Tram gratis

14. 
Merlion Area ada di tengah Sentosa Island. Meskipun masuknya bayar, tapi bermain di water fountain dan di open area depan KFC juga fun.

CHANGI AIRPORT

Saya selalu bilang kalau airport yang satu ini membuat menunggu jadi sesuatu yang sangat menyenangkan. Saya malah senang kalau pesawat saya delay hahaha.

Woodblocks rubbing station di Changi
15. Wood Blocks Rubbing Station yang ada di semua sudut terminal (bahkan di bagian depan sebelum check in) ini adalah favorit kita berdua. Sekarang woodnya sudah berubah jadi plastik dan gambarnya pun sudah update dengan arsitektur terbaru Singapura. Tapi fun-nya tetap sama.

16. 
Entertainment Deck Terminal 2 ada game komputer dan PS3 dengan game seru. Tapi untuk yang anaknya masih kecil, mainnya didampingi ya soalnya gamenya ada yang macam Assasin's Creed dan Call of Duty. Amannya sih masuk ke movie theater yang memutarkan film keluarga terbaru.



17. Social Tree (terminal 1) dan Postcard (terminal 2). Bisa selfie, fotonya diberikan frame dan diposting ke social media atau dikirimkan ke email masing-masing. Seru!

18. 
Playground ada di setiap terminal. Jangan khawatir bosan menunggu anak main perosotan soalnya di setiap playground pasti ada bangku dengan colokan. Free wifi juga tersedia di seluruh airport (tapi hilang kalau pindah terminal naik kereta atau keluar ke taman).



19. Kolam dan taman yang ada di Changi juga menarik untuk eksplorasi. Kapan lagi bisa lihat kaktus dan kupu-kupu di airport?

Selengkapnya tentang transit di Changi bersama anak-anak ada di postingan saya tentang senang hati kejebak delay di sini.

CITY CENTER
Pusat kota Singapura selalu populer. Orchard dan sekitarnya biasanya identik dengan belanja. Apalagi jika berkunjung saat Singapore Great Sale yang ada di tengah tahun, bersamaan dengan waktu liburan sekolah. Buat yang shopping jangan lupa klaim GST refund di Changi ya. (by the way, ada tips cari hotel murah di Singapura nih)


20. 
Taman yang paling familiar ya Fort Canning Park. Bukan hanya karena waktu kecil sering menginap di seputar Dhoby Ghaut, tapi karena memang banyak yang bisa dilakukan di taman ini termasuk foto pre-wedding haha. Fort Canning Park juga sering jadi tempat konser dan acara festival seru. Selain itu ada tur gratis seperti Sculpture Tour dan Spice Garden Tour yang bisa diikuti.

21. 
Orchard bukan hanya untuk shopping. Saya ke Orchard demi Kinokuniya super besar yang mengijinkan kita membaca buku di tempat. Saya sering berjalan menyusuri Orchard yang sekarang sudah semakin banyak shopping centernya itu, terutama di malam hari ketika lampunya menyala semua. Sesuatu yang saya harap bisa dilakukan di Sudirman Thamrin haha. Orchard punya banyak display seru kalau sedang ada festival, termasuk mobil F1. So, why not strolling Orchard Road at night for a change?

Orchard Road at night
22. National Library ada di dekat MRT Bras Basah dan dapat dicapai dengan berjalan kaki dari area Bugis. Tidak tinggal dekat situ? Jangan khawatir, ada banyak perpustakaan yang dapat dikunjungi di mana pun Anda berada di Singapore dan kebanyakan buka hingga malam karena terletak di dalam mall. Salah satu yang pernah kita kunjungi adalah Jurong East Regional Library yang bagian anak-anaknya bikin betah. Untuk yang hobi baca buku, coba ajak anak Anda berkunjung dan berburu buku. 


23. 
Museum, Festivals and Exhibitions. Kebanyakan museum memang hanya free bagi Singaporean (bikin iri ya), tapi ada beberapa museum yang bisa dikunjungi secara gratis walaupun kita turis. Navy Museum di Tanah Merah misalnya. Atau Changi Museum yang lebih berat ke sejarah Singapura di masa perang dunia. Yang kelihatannya paling keren sih Singapore Maritime Gallery di Marina South Pier. Yang ini bahkan ada kegiatan spesial untuk keluarga dan anak-anak di musim liburan. 

GETTING AROUND


24. 
Free Rides. Did you know kids ride for free on buses and MRT? Menurut website Transitlink, anak-anak berusia dibawah 7 tahun dengan tinggi badan kurang dari 90cm bisa pergi gratis. Jika anaknya lebih dari 90cm, kita bisa apply Child Concession Card dengan membawa passport di loket MRT. Saya pribadi belum pernah coba karena ketika peraturan ini berlaku di 2014, si Dudu sudah lewat umurnya. 

Buat yang dewasa? Bangun lebih pagi, berangkat naik MRT dan jika tiba di stasiun tertentu sebelum pukul 7.45 maka perjalanan Anda gratis. Stasiun tertentu ini termasuk yang ada di rute turis seperti Orchard, Bayfont, Marina Bay, Bugis dan Dhoby Ghaut. Hanya berlaku Senin sampai Jumat. Selengkapnya bisa dilihat di website Transitlink.

Selamat liburan! 

20 comments:

  1. Tulisan wajib baca buat yang mau ke Singapore nih :D

    ReplyDelete
  2. Ahh.... Nina, tulisan ini so useful sekali :) oke, nanti mau buat itinerary based on your article hahahha. Tapi, rutenya ngga sekalian ditulis ya. Whatsappan aja yakkk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tulisan kode ini kan haha. Kalo rute kan masing-masing keluarga beda-beda. Aku lg penasaran sama Marina Barrage nih.

      Delete
  3. Bookmark! Makasih banget mbak. Postingan ini bikin aku langsung bikin itinerary buat ke Sing. Insya allah tahun depan :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Liburan hemat ini judulnya hehe. Ditunggu pengalamanmu di SG ya. Btw beberapa hotel indo udah buka cabang di sana bisa kirim proposal review deh kayaknya haha.

      Delete
  4. gileh banyak banget tempat gratisan bagus-bagus di sana, ramah anak pula. *komat-kamit semoga di bandung juga tambah banyak tempat gratisan yang bagus wkwkwkwk mumpung walikotanya arsitek keren*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga ngarep di dekat2 Jakarta ada Mba. Ayo dong Bandung jadi bisa sering-sering haha. *ikut ngomporin*

      Delete
  5. Di bookmark, ntar klo ke Singapore ada referensi, asiikk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau nemu yang gratisan lainnya, kasih tau aku ya hehe.

      Delete
  6. Replies
    1. Sama-sama Mba. Semoga berguna hehe :)

      Delete
  7. Singapore, layak disebut perfect. Negara kecil, namun fasilitas dan kenyamanan serta keindahan ada semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju hehe. Makanya jadi senang bolak balik nih kalau pas bisa.

      Delete
  8. Aku jg dulu pas ke singapore cari yg gretongan mak biar ngirit mwskioun hitu tetep biaa have maksimal cuma syang cita2 nonton laser ahow gagal gegaranya pas nyampe singapore lee kwan ye meninggal jdlah selama kami disana lasee ahow ditiadakan demi mwnghormati beliau. Sedih :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah. Nasib banget itu Mba :( Padahal biasanya sehari 2x ya. Pergi lagi yuk hehe.

      Delete
  9. Yuhuuu pasti banget nih, cari reference buat family trip yang ga cuma universal studios doang!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Mak. Terutama kalau anaknya masih kekecilan buat Universal hehe.

      Delete

Terima kasih sudah mampir, jangan lupa tinggalkan komen. Mohon maaf untuk yang meninggalkan link hidup dan komen bersifat spam atau iklan akan dihapus.