06 February 2017

Vitamin C Penyelamat di Saat Harus Jadi Sehat

Musim hujan yang tadinya seperti ragu-ragu jadi yakin pasti mendung tiap hari sejak Imlek minggu lalu. Pokoknya tiada hari tanpa awan abu-abu bertengger mengikuti perjalanan saya. Hanya butuh 3 hari buat saya jadi demam dan tumbang, padahal pekerjaan kantor sedang demanding. “Makanya jangan lupa minum vitamin C,” begitu omelan Mama setiap kali di rumah ada yang bersin, batuk, bibirnya merah atau mulai terlihat tidak sehat.

Nasihat itu membuat saya berpikir kalau vitamin C adalah obat ajaib segala penyakit haha. Mungkin ada benarnya ya. Asupan dosis Vitamin C yang tepat memang dapat meningkatkan system kekebalan tubuh dan menjaga elastisitas kulit. Lalu, bagaimana kita tahu sudah mengkonsumsi dosis yang tepat? Mama biasanya membekalkan suplemen vitamin pada saya.




Pilihannya ya CNI Ester-C Plus, yang mengandung dosis yang dianjurkan penelitian yaitu 625mg Ester C atau setara dengan 500mg Vitamin C. Dan menurut studi yang dilakukan para peneliti University of Michigan, dosis ini dibutuhkan bahkan bagi mereka yang mengkonsumsi sayur dan buah secara rutin. Melihat rekomendasi jumlah sayur dan buah untuk konsumsi sehari-hari, saya sudah jelas jauh dari angka tersebut. Ada sayur dan buah di porsi makanan saya saja sudah untung. Maka dari itu, omelan Mama sebenarnya benar haha.

Studi yang sama juga menyebutkan asupan vitamin dalam dosis besar dapat menyebabkan perut jadi kurang nyaman. Satu kelebihan CNI Ester-C Plus yang penting bagi saya adalah kandungan pH Netralnya yang menjadikannya aman untuk dikonsumsi pagi hari sebelum saya sarapan dan minum kopi.

Kenapa pagi hari? Selain karena kalau rutinitas sudah dimulai saya sering lupa minum vitamin C dan akhirnya sakit, vitamin C katanya bisa memperkuat daya tahan tubuh yang melemah karena stress. CNI Ester-C Plus sebagai vitamin C generasi terkini juga lebih cepat diserap tubuh. Jadi harusnya sebelum sampai kantor dan bertempur dengan kesibukan, saya sudah lebih fit. Lalu sebagai peminum kopi yang menyebabkan kulit dehidrasi, Vitamin C bisa membantu mengurangi kulit kering dan mencegah keriput. Dan bukan hanya Vitamin C, CNI Ester-C Plus juga mengandung 50mg Kalsium, yang juga penting untuk mengembalikan kalsium yang hilang akibat konsumsi kafein.




Kalau Vitamin C itu diminum, Vitamin A, B dan D adalah hal-hal di sekitar saya yang membuat saya sehat terus. Apa hayo? Vitamin A itu Anyeonghaseyo alias dunia serba Korea yang sedang saya gandrungi haha. Mulai dari drama yang bikin begadang (tapi bawa teman baru juga) sampai bahasa yang bikin saya awet muda karena kursus bahasa Koreanya barengan sama anak SMA.

Vitamin B itu Baca Buku. Ya novel, ya komik, ya kamus. Karena sejak kecil hobi baca buku, bahkan kacamata saya pun akibat kebanyakan baca, kegiatan ini jadi pelepas stress. Pokoknya buku apapun bisa dibaca tanpa menimbulkan stress dan buat saya ini termasuk textbook buat belajar bahasa asing.



Yang ini vitamin A - Annyeonghaseyo
Vitamin D itu Dudu. Haha. Si anak 10 tahun yang beredar di sekitar saya, yang pas saya sakit kemarin sibuk merawat membawakan air putih dan makan malam. Yang ini selalu bikin semangat. Dan karena anak ini juga kacau menu makanannya maka dia juga membutuhkan asupan Vitamin C. CNI Ester-C Plus ini aman dikonsumsi anak-anak dengan dosis setengah orang dewasa. Jadi kalau saya minum 1-2 tablet sehari, Dudu biasanya minum ½ - 1 tablet sehari.

Saya termasuk orang yang percaya bahwa everything good that’s done in moderation will give you good result. Berlebihan itu tidak baik tapi kalau dikonsumsi sesuai dosisnya, maka kita akan dapat menfaatnya. CNI Ester-C Plus memiliki kandungan dalam darah 2 kali lebih tinggi, kadar dalam leukosit 4 kali lebih tinggi dan kadar oksalat dalam urin 5 kali lebih rendah, artinya memperkecil kemungkinan terjadinya batu ginjal seperti yang banyak ditakutkan orang.



Yang ini vitamin D
Oh iya, ada satu vitamin yang tertinggal. Vitamin E alias Ending. Saya kalau sudah suka sesuatu bisa terobsesi lalu kesulitan mengakhirinya. Kalau nonton drama bisa lupa tidur. Kalau lagi nulis bisa lupa makan. Kalau lagi baca buku bisa lupa sama orang. Jadi Vitamin Ending ini berguna agar saya berhenti, tarik nafas dan istirahat.

Stay healthy!

2 comments:

  1. enaknya vit C itu larut dalam air, kalau berlebih juga akan dikeluarkan via urine ya

    ReplyDelete
  2. Aku juga suka minum ester c.. Emang ngaruh buat tubuh bisa fit lagi ^^

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir, jangan lupa tinggalkan komen. Mohon maaf untuk yang meninggalkan link hidup dan komen bersifat spam atau iklan akan dihapus.