05 January 2017

3 Tempat Seru Karoke Akhir Tahun

Rasanya setiap tahun baru saya selalu pergi karaoke. Tahun ini, karena Dudu dibawa pergi adik saya ke Surabaya, saya jadi mencari kegiatan sendiri dan karaoke ada di urutan teratas to-do list saya. Pertanyaanya tetap: di mana? Google search (believe it or not) tidak membawakan hasil yang memuaskan. Beneran nih, tidak ada yang menulis tentang tempat karaoke recommended? Jadilah, Jumat-Sabtu-Minggu kemarin saya pergi bersama seorang teman, mencoba beberapa tempat karaoke di Jakarta, well, Selatan. 


JUMAT
Inul Vista Plaza Semanggi

Harga Room Small: Rp. 125,000/jam sudah termasuk tax n service

LIKES: Lagunya cukup lengkap. Buat saya yang kalau karaoke selalu Kpop dan Jpop, Inul ini koleksi lagunya lumayan. Ruangannya bersih, lebih bersih daripada beberapa Inul Vista yang pernah saya kunjungi. Lalu lampunya terang, jadi pas foto hasilnya keren haha. Lokasinya di Mall, jadi tidak perlu memikirkan parkiran. Ada penanda waktu di sudut kanan atas jadi mudah untuk tahu bisa nyanyi berapa lagu lagi.





DISLIKES: Mesinnya sempat macet dan harus di-restart. Jadi kita sudah hilang 10 menit di awal. Lalu harganya termasuk mahal dibandingkan yang lainnya. Ruangannya dingin, soalnya pas kita masuk baru AC dinyalain (ditanya suhunya lalu kita yang salah prediksi) dan meski sudah bilang di keatasin saja, sama petugasnya tetap di swing. Jadinya kita agak kedinginan. Masih menggunakan remote tradisional jadi kadang saat mencari lagu, tulisan yang muncul menutupi teks karaokenya.


CONCLUSION: Mungkin karena lokasinya di mall, Inul Vista jadi mahal. Dan di beberapa mall, ramainya sampai waiting list. Balik lagi? Well, kalau hanya karaoke ber-2 atau ber-3 rasanya sih saya tidak akan ke Inul Vista. Kecuali memang pas di mall dan sekalian karaoke. Kalau ramai-ramai dan bisa ambil medium bolehlah.

SABTU
Happy Puppy Fatmawati
Harga Room Small:
Rp. 85,000/jam sudah termasuk tax n service

LIKES: Mikrofonnya bagus, suara yang keluar bening banget. Ruangannya juga pas suhunya. Lagu Indonesia yang dicari teman saya ada di situ. Sudah pakai tablet besar dan mencari lagu jadi mudah karena touch screen. Lokasinya termasuk dekat dari rumah, parkiran mudah dan di depannya ada Lotte Mart dan Starbucks. Meskipun tidak di mall, tapi cukup strategis untuk yang sekalian mau hangout. Penanda waktu mulai dari 15 menit terakhir.

DISLIKES: Lagu Jpop dan Kpopnya agak mengecewakan. Room yang small adanya di lantai 4 dan naik turun ruko itu cukup melelahkan. Memanggil service juga cukup sulit karena di meja ada tombol tapi ternyata tidak berfungsi. Akhirnya menjelang habis waktu baru sadar kalau panggil service harus lewat tabletnya. Suara yang bagus ternyata memberikan feedback dengan sinyal HP, jadi beberapa kali kita terpaksa pindah posisi dan menjauhkan HP demi kelancaran karaoke.



Semacam drama di karaoke karena satu teman
saya pilih lagu pakai didengarkan di Hp dulu Haha.
CONCLUSION: Kalau dilihat harganya sih menyenangkan di sini karena murah dan lokasinya enak. Untuk karaoke berdua juga tidak menguras kantong haha. Tapi kalau melihat list lagunya, rasanya saya akan memilih tempat lain. Oh ya, list lagu happy Puppy bisa dilihat di websitnya.

MINGGU
NAV Iskandar Muda
Harga Room Small:
Rp. 99,000/jam sudah termasuk tax n service (tapi minimal book 2 jam). Akhirnya ambil mediumnya, Rp. 112,000/jam.

LIKES:
Lagunya update haha. Meskipun untuk Jpop masih payah, untuk Kpop lagunya termasuk yang update. Bahkan lagu soundtrack Goblin dan Moana sudah ada di list lagu mereka. Ruangannya cukup bersih dan tabletnya juga mudah dinavigasi. Yang jelas tidak ada feedback saat menyanyi. Ruangan ada di lantai 1 (karena medium, entah kalau small) dan unik dekorasi dan namanya.

DISLIKES:
Agak kaget karena memilih small room harus minimal 2 jam, dan waktu kita telepon untuk bertanya sebelum datang tidak diinformasikan sebelumnya. Jadi saat kita datang, waktunya sudah terlalu sore dan tidak keburu ambil 2 jam. Akhirnya ambil medium. Bukan soal harganya karena medium beda tipis saja, tapi ruangannya terllau besar, terlalu kosong dan suaranya jadi kurang jernih. Tidak ada penanda waktu, jadi kita tidak tahu kapan mau selesai.

CONCLUSION: Kalau bisa nyanyi 2 jam, saya akan ke sini. Soalnya lagunya update, harganya masih terjangkau dan ruangan karaokenya unik. Tapi sayangnya duduk satu jam di ruangan medium kemarin, rambut saya jadi bau rokok.

Epilogue

Entah bagaimana, masuk 3 ruangan karaoke dalam 3 hari saya jadi membandingkan banyak hal. Misalnya entah bagaimana di Inul Vista bisa menyanyi sambil duduk tapi di Happy Puppy dan NAV lebih enak berdiri. Apa mungkin sofanya beda? Ruangan small di Inul juga lebih kecil dari Happy Puppy, jadi LCDnya lebih dekat dengan kita. Kalau ruangan digelapkan, saya akan memilih Inul Vista yang masih pakai remote karena Tablet raksasa di Happy Puppy dan NAV menyilaukan mata. Tapi karena saya selalu karaoke dengan ruangan terang benderang jadi ya tidak masalah. Dan UI/UX tablet NAV lebih user friendly dibandingkan dengan tablet di Happy Puppy.

(Baca juga: Review Film Sing)

Lalu tentang bagaimana kita mencari lagu, terutama kalau berbicara lagu non-Indonesia dan Inggris yang memiliki penulisan berbeda ketika diterjemahkan ke dalam alfabet Latin. Termasuk nama boyband macam Backstreet Boys yang terkadang jadi BSB. 5ive yang jadi Five. Bahkan lagu Nick Jonas kesukaan saya, Introducing Me, ternyata ada di bawah nama penyanyi “Camp Rock”. Paling aman cari judul lagunya sih. Kecuali, judulnya dalam alfabet Mandarin dan di keyboardnya tidak ada pilihan karakter non-abcd.

Lalu tempat karaoke favorit saya di mana? Well, tahun lalu, saya dan Dudu karaoke di Allegro Epicentrum Kuningan dan kita berdua suka banget. Kalau karaoke sama anak sepertinya akan ke sana lagi. Tapi kalau bicara lagu, saya memilih Limelight di Tanjung Duren yang Kpop dan Jpopnya update banget. Sayangnya dua tempat ini jauh benar dari rumah.

Rasanya, cukuplah sudah jatah pergi karaoke untuk setahun kedepan. Lagiupula, sepertinya saya terlalu banyak berpikir untuk satu jam menyanyi melepaskan stres. Haha.

4 comments:

  1. wah suka karokean ya, aku gak begitu suka karena gak bisa nyanyi dan gak hafal lagu2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini cuma pas ada waktu aja Mba hehe. Tapi seru juga lho buat melepaskan stress

      Delete
  2. Knp ya aku ga begtu suka karaokean, mamaku ngajakin aku males. Ya iyalah mamaku suaranya oke, saingan sama anaknya yg ada aku kalah hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga ga pede kalau ada yang suaranya bagus banget hehe.

      Delete

Terima kasih sudah mampir, jangan lupa tinggalkan komen. Mohon maaf untuk yang meninggalkan link hidup dan komen bersifat spam atau iklan akan dihapus.