10 May 2016

Shrek The Musical Jakarta, Nonton Musikal Sama Anak

Nonton bioskop? Sudah biasa. Sekali-sekali kita pergi nonton musikal dong. Gara-gara tiket murah yang beredar di kantor dan ajakan teman, kita berdua pergi nge-date di Ciputra Artpreneur, menyaksikan Shrek The Musical Jakarta. Acara yang tidak ada dalam agenda long weekend ini ternyata meninggalkan kesan yang cukup mendalam.

Foto berdua, lalu diuber-uber ushernya disuruh masuk karena waktunya mepet. 
Ceritanya masih sama, Shrek si Ogre yang tinggal sendirian di swamp mendadak kedatangan banyak karakter Fairy Tale yang dibuang oleh Lord Farquaad dari Duloc. Bermaksud mendapatkan kembali rawa-rawa miliknya, Shrek pergi ke Duloc menghadap Lord Farquaad. Dalam perjalanan, dia bertemu Donkey yang super cerewet. Setelah diselamatkan, Donkey memutuskan untuk menjadi sahabat Shrek dan menemaninya ke Duloc (meskipun Shrek tidak mau punya sahabat ataupun ditemani). Lord Farquaad yang pusing karena dia tidak bisa jadi raja kecuali menikahi seorang putri, kemudian menyuruh Shrek menyelamatkan putri Fiona di menara yang dijaga naga sebagai ganti hak milik rawa-rawanya.

Nah, Fiona inilah yang selalu mencuri perhatian. Entah bagaimana, buat saya, prensence-nya terlalu dominan di panggung. Berdiri saja, karakter lain sudah ketutupan. Suaranya merdu, wajahnya cantik dan actingnya bagus. Pemain Lord Farquaad dan Donkey juga memiliki kharisma sendiri di atas panggung.

Nonton Shrek The Musical Jakarta dengan anak-anak di Indonesia ternyata tidak seketat nonton di luar. Waktu membawa Dudu nonton The Lion King di Marina Bay Sands, Singapura, beberapa tahun lalu, tidak ada kata terlambat masuk atau anak kecil yang menangis. Yang kali ini lebih banyak toleransinya. Mungkin karena orang Indonesia juga bandel-bandel ya. Sudah tinggal 10 menit masih foto-foto dulu (ini saya sih haha), masih ke toilet dulu, masih minum Starbucks dulu dan lain sebagainya. Sempat ada anak yang menangis juga di awal musikal karena mungkin Shreknya agak terlalu seram dibandingkan dengan versi kartunnya, plus suasana gelap karena lampu yang dipadamkan dan suara yang menggema. Tapi setelah cerita berjalan, semua ikut tepuk tangan dan tertawa bersama para pemain.


Apa yang harus diketahui tentang membawa anak nonton Shrek The Musical Jakarta?
  1. Musikal ini berdurasi sekitar 2 jam dengan intermission 15 menit di tengah-tengah. Ada 2 kali pertunjukkan hari itu, jam 3 dan jam 8. Kita nonton yang jam 3 karena Dudu selalu tidur jam 9. 
  2. Anak-anak bisa minta dudukan kursi tambahan, jadi mereka bisa duduk lebih tinggi, melihat ke panggung tanpa terhalang orang yang duduk di depannya.
  3. Dapat tempat duduk di pinggir kiri depan, sampai tidak bisa lihat Lord Farquaard naik kuda, ternyata tidak membuat kami kecewa, Dudu bisa melihat 'behind the scene' panggung theatre seperti orang-orang yang menggeser properti dan entry-exit para pemain dari sebelah kanan.
  4. Usahakan datang setidaknya 30 menit lebih awal. Ciputra Artpreneur ada di lantai 11 dan jika Anda parkir di Lotte Shopping Avenue, harus antri naik lewat lift Satrio atau naik eskalator yang lumayan banyak. Butuh waktu sekitar 15 menit dari parkiran basement LOVE sampai ke atas. Kalau tidak mau sekalian ke Mall, sebaiknya sih parkir langsung di lantai atas.
  5. Masuk duluan, terutama kalau tempat duduknya tidak dekat jalan. Selain bisa duduk dengan tenang, ada kesempatan memperkenalkan teater pada anak. What to expect when you're watching a musical. Misalnya memberi tahu anak kalau lampu akan mati, di mana asalnya musik dan lain sebagainya.
  6. Kemarin tidak dapat program book, tapi memang kita datangnya sudah mepet jadi mungkin sudah habis. Tapi untuk yang penasaran dengan cast, crew dan musikal Shrek itu sendiri, ada program book yang bisa dilihat online. Kemarin saya browsing sendiri karena penasaran. Haha.
  7. Ada teks bahasa Indonesia di layar sebelah kanan dan kiri panggung, jadi untuk yang tidak bisa berbahasa Inggris, jangan khawatir ketinggalan cerita.
  8. Oh iya, tidak boleh bawa makanan dan minuman ke area theatre. Untuk yang sudah terlanjur bawa botol minum, bisa dititipkan di meja pemeriksaan dan diambil ketika pulang.
  9. Tidak boleh bawa kamera dan cellphone harus di-silent. Tenang saja, nonton Shrek membuat kita lupa ngecek HP kok. Untuk yang mau lihat foto-fotonya bisa cek ke web resminya Shrek The Musical Jakarta ya.


Shrek The Musical memenangkan best costume di Tony Award. Tidak heran sih, dengan Lord Farquaad yang entah bagaimana bisa jadi pendek (padahal pemain aslinya setinggi pemeran Shrek), dan Fiona yang bisa berubah jadi hijau di atas panggung, musikal ini menyimpan banyak "misteri" yang membuat saya dan Dudu penasaran.

Dudu suka? Banget. Banyak adegan lucu yang bisa ditertawakan bersama, dibahas bersama, dan jadi kesempatan saya mendorong Dudu supaya jadi pemain teater saja kelak. Haha. Saya sudah semangat mempromosikan bahwa teater itu seru dan keren, tapi Dudu hanya menjawab "aku kan tidak bisa menyanyi. Suaraku tidak bagus." Yahhh, Dudu.


Shrek the Musical masih akan berlangsung hingga 22 Mei. Weekdays ada 1 show dan weekends ada 2 show. Jangan takut tiketnya mahal, karena ada promo kartu kredit. Sempatkan nonton ya.

12 comments:

  1. akhh dudu potongan Rambutnya kaya Babam..hehe..bagusss bangetttt ngett..totalitasnya semuanya bikin merinding... semoga kelak pementasan Indonesia bisa kk membuat byk org terkagum kagum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu sbenernya salah potong rambut Mba. Untunglah mau diajak foto di Shrek ini. Setuju. Shrek bagus banget.

      Delete
  2. Ih, sayang jauh
    andai dekat Fahmi putra saya pasti suka, makasih infonya Mbak ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, kalau pementasan besar pasti di Lotte atau di ICE BSD.

      Delete
  3. wah asyik ya nonton abreng anak itu gak terlupakan walau ribet dan kadang suka rewel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini juga sudah deg-degan haha. Untunglah lancar.

      Delete
  4. Belon pernah nih ngajak anak nonton theater musikal...sesekali diusahakan kayaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pas ada yang family gini boleh sih. Banyak yg bawa anak jadi kalau anak kita ribut, ngga akan ada yang protes hehe.

      Delete
  5. Daaan sayapun sukses penasaran! Hahahaha. Aiiih pengen banget nontonnya. Semoga ada kesempatan deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo nonton hehe. Ada promo bank juga kok. Sapa tau ada gratisan kuis.

      Delete
  6. Quality time bersama anak dengan nonton musical theater, asik ya. Jadi ingin nonton juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru memang. Sekali-sekali perlu dicoba.

      Delete

Terima kasih sudah mampir, jangan lupa tinggalkan komen. Mohon maaf untuk yang meninggalkan link hidup dan komen bersifat spam atau iklan akan dihapus.