30 April 2016

Buku Murah Big Bad Wolf Book Sale: Mulai dari Mana?

"Ma, kita mulai dari mana?"
Nekat menerobos macetnya Jakarta di hari Jumat sore akhir bulan, kita sampai juga di preview Big Bad Wolf Book Sale, ICE BSD jam 8.30 malem. Horeee buku murah. Yuk siap-siap belanja.



Where? 
Lokasinya di hall 10, yang paling ujung dari ICE. Dudu sampai bilang "Mom, why are we on the countryside like this?" Haha. Bagusnya ya dekat dengan parkir mobil. Kendaraan umum susah ke sini tapi nya.

Ada apa saja? Buku anak-anak mulai dari board book sampai buku mewarnai. Buat orang tuanya ada buku fiksi, romance, movie dan lainnya. Ada banyak komik juga, dari Garfield sampai Avengers. Buat yang anaknya mau ABG seperti saya dan sering kesulitan cari buku untuk dibawa ke sekolah untuk reading time, book sale ini seperti harta karun. Lumayanlah daripada harus berburu buku ke Singapura.

Harganya? Rata-rata 30rb sampai 70rb untuk buku dan yang berupa box bisa sampai 200rb. Komik impor seperti Avengers, Captain America dan IronMan harganya sekitar 150rb. Bisa bikin kalap sih. Pembayaran bisa dengan cash, debit dan credit card kecuali Debit BCA. Karena atm terdekat ada di kampus sebelah, sebaiknya datang ke sini sudah siap bayar.




Karena masih preview, waktu kita datang ke sana tidak terlalu ramai. Begitu masuk disambut buku anak-anak mulai dari Peppa Pig, Toy Story, Hello Kitty, Frozen dan tokoh-tokoh lain yang bikin kalap haha. Kalau kita bingung, di sana banyak yang bisa membantu menunjukkan di mana buku yang dicari. Buku fiksi disusun alphabetical berdasarkan nama pengarang. Kemarin kita belanja kurang lebih 10 buku dengan total transaksi 610rb. Selain buku sendiri, ada juga buku yang akhirnya dibeli untuk stok kado.

Andrew dapat Where's Wally, buku hidden object yang dia suka. Lalu komik Garfield dan buku novel Zombie. Mama dapat buku novel Jack Reacher juga. Jadi tidak harus mulai dari mana. Kemarin kita menyusuri semua bagian, meskipun ada bagian yang masih terlewatkan juga. Mulai dari pintu masuk lalu belok kiri. Tapi buat yang sudah tau mau cari apa, tinggal lihat tulisan petunjuknya lalu langsung menuju mejanya. Buat yang cari buku Indonesia, juga ada lho dari penerbit Mizan. 




Yang harus diperhatikan:
  • Siap-siap untuk menghabiskan waktu 1-2 jam di sini. Jadi, mungkin ada baiknya datang pagi dibandingkan malam kalau bersama anak-anak. Meskipun ada cafe, tapi bazaar ini terletak di ICE yang berarti tidak ada food court dan makanan yang proper untuk anak-anak.
  • Kalau bawa anak, hati-hati tenggelam di lautan buku yang disusun cukup tinggi. Susunan buku-bukunya bisa sampai sepundak saya, beberapa bahkan lebih tinggi. Jadi saya dan Dudu sempat terpisah, dan Dudu sempat ketutupan buku karena sedang menunduk membaca buku. 
  • Jarak antara tumpukan buku cukup lebar dan pertama masuk kita diberikan trolley. Bisa jadi petualangan seru untuk anak-anak. Dan kalau bisa bawa trolley, berarti bisa bawa stroller. Kemarin saya lihat ada beberapa pasangan yang datang dengan stroller. Ketika si kecil tidur, Papa Mama bisa puas berburu buku juga.
  • Tentukan dari awal, mau mencari buku apa. Meskipun saya ke sini tidak ada plan apa-apa, tapi beberapa orang tua (yes, I overheard) yang ketika di pintu masuk membuat deal dengan anak-anaknya: "satu orang tiga buku ya" atau "total harga bukunya tidak boleh lebih dari Rp200 ribu ya". 

Siapa sih Big Bad Wolf ini? Menilik websitenya, Big Bad Wolf adalah warehouse sale untuk buku di Malaysia. Dimulai pada tahun 2009, Big Bad Wolf kemudian mengadakan tur sale keliling Malaysia, dan menjanjikan bahwa tidak ada dua sale yang sama. Buku yang ditawarkan beragam. Big Bad Wolf berkeliling bersama Red Readerhood yang bertujuan untuk donasi. Jadi kalau mampir ke bazaar buku yang satu ini jangan lupa ikut berdonasi ya. Tempatnya ada setelah kasir buku.

Book sale ini masih sampai tanggal 8 Mei jadi masih banyak kesempatan untuk ke sana. Kita sepertinya akan balik lagi. Belum puas berburu buku.


(UPDATE)
Akhirnya kita balik lagi dong di hari pertama long weekend dan keadaannya sudah berbeda jauh.Selain parkiran yang penuh, antrian juga panjang. Banyak pengunjung dari luar kota juga banyak, terbukti dengan panggilan yang terdengar kala ada keluarga berpencar. Ada rombongan sekolah juga. Tapi itu mungkin karena kita datang tepat jam 12 siang. Sekitar 45 menit - 1 jam untuk antri masuk ke Hall 10 tempat pameran berada. Lalu sekitar 1 jam juga menunggu antri bayar di kasir. Untungnya, meskipun salah antri di kasir yang cash only karena tidak ada tandanya dari ujung antrian, kita berhasil membayar lunas semua buku.

Kompensasinya?
Hall 9 yang tadinya hanya untuk gudang, dibuka dan bukunya tambah banyak. Untuk yang punya anak, tempat ini beneran surga buku. Sayangnya, waktu mampir siang itu, suasanya sangat padat sehingga stroller tidak bisa masuk, trolley kehabisan dan teman saya yang membawa anak kecil sempat kesulitan menjaganya karena area yang terlalu padat. Buku-bukunya juga sudah tercampur, beberapa bahkan rusak. Agak sedih lihat buku-buku rusak dan yang seharusnya sepaket jadi tercerai berai.

Sejujurnya tergoda untuk bertengger di bagian buku-buku yang tidak jadi dibeli, mungkin ada yang bisa saya temukan di sana. Karena tidak bisa konsentrasi dan nyaman memilih buku, saya kembali lagi, tanpa Dudu, jam 1.30 pagi. Baru puas setelah melenggang keluar jam 4 pagi. Tidak antri, dapat trolley dan dapat juga buku-buku yang saya cari. Berikut penampakannya kemarin, 4 Mei 2016.




Jadi, ada tips tambahan bagi mereka yang ingin berkunjung ke Big Bad Wolf Book Sale

  • Big Bad Wolf Book Sale ini buka 24 jam non stop hingga 8 Mei jam 11 Malam. Jadi untuk yang bawa anak, tidak harus memaksakan siang hari hadir di sana. Mungkin bisa pagi atau menjelang malam. Kemarin saya siang keluar dari sana jam 4 sore sudah tidak ada antrian dan parkiran sudah lebih kosong.
  • Kalau memang harus datang pada jam sibuk, sebaiknya anak yang masih bayi tidak dibawa masuk. Selain berdesakan di lokasi, kasihan juga kalau harus ikut antri segitu lama. Apalagi jika kita tidak bawa gendongan. Bisa repot antara gendong anak dan membawa buku.
  • Di depan hall 10 (dekat pintu keluar) dan hall 9 ada yang jual makanan dan minuman. Jadi sambil antri bisa makan juga.
  • Sabar mencari. Kalau pas preview saya happy dan bisa tenang muter-muter, pas kembali kemarin, saya shock dan harus menyediakan waktu lebih lama mencari buku incaran karena sudah tercampur. Tapi jangan menyerah untuk mencari ya. Sebenarnya ini membantu saya untuk tidak kalap-kalap amat.
Selamat berburu buku.



14 comments:

  1. Biarpun nahan-nahan supaya nggak ke sana, tapi tiap ada yang posting, pasti dibaca. Setelahnya makin pengin ke sana. >_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini wajib pergi sih haha.
      Buku2nya juga oke banget lho.

      Delete
  2. Mau kesana nih sama Rafa. Lg mikir enaknya hari apa. Hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku nunggu long weekend besok ini sih. Kali ini mau bawa duit biar puas belanja.

      Delete
  3. wooohhh senangnya, semoga kalo saya di jkt event ini ada lagi :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini kayaknya bakal jadi regular deh. Soalnya kalau liat di webnya dia tur keliling.

      Delete
  4. surga bagi pecinta buku
    happy writing
    salam sehat dan semangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Bikin semangat baca.

      Delete
  5. wohhhh keren... pengen mengunjungi saya... tapi jauh..
    semoga hadir di kota saya. aminn
    salam kenal...

    ReplyDelete
  6. weishh,,, seru... sayang di jakarteee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya malah di BSD, yang di Jakarta pun jauh mau ke sini hehe.

      Delete
  7. Ga kesampean kesini akrena lagi diluar kotaaa. hikzz.
    sediiiih :(
    Padahal harganya bikin kalaaap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga ada lagi ya Mba. Aku sbenernya juga belom puas, habis terakhir-terakhir dah berantakan banget.

      Delete

Terima kasih sudah mampir, jangan lupa tinggalkan komen. Mohon maaf untuk yang meninggalkan link hidup dan komen bersifat spam atau iklan akan dihapus.