15 January 2016

Sejarah dan Sudut Pandang Dragon Blade

Bicara film Asia, saya lebih suka film kolosal daripada film drama. Selain banyak actionnya, ada sejarah, budaya dan kostum yang membuat saya tidak bosan menatap layar selama sekitar 2 jam. Senang rasanya melihat aktor Mandarin favorit saya kembali tampil di film laga Asia yang serius setelah bolak balik muncul di film Hollywood yang menuai tawa.

Terakhir kali saya ingat Jackie Chan, dia ada di film action comedy seperti Shanghai Noon dan Shanghai Knights yang dibintangi bersama Owen Wilson. Tapi Dragon Blade memberikan cerita yang berbeda karena kali ini Jackie Chan membawa aktor besar Hollywood seperti John Cusack dan Adrien Brody, aktor termuda yang pernah memenangkan aktor terbaik Oscar, ke dalam film kolosal Cina.




Film yang disutradarai oleh Daniel Lee ini bercerita tentang Kelompok Penjaga Jalur Sutera yang dipimpin Huo An (Jackie Chan) dan perjuangan mereka menjaga perdamaian. Namun ketika grup ini kembali ke kampung halaman, pemerintah setempat mengumumkan bahwa seorang anggota grup ini melakukan hal tidak jujur dan membuat mereka semua dihukum bekerja di Gerbang Angsa Timur. Ketika tempat mereka bekerja terancam oleh kedatangan bangsa Romawi dibawah pimpinan Jendral Lucius(John Cusack) dan kemudian oleh Tiberius (Adrien Brody) yang ternyata datang untuk membunuh Lucius, kelompok ini harus bertarung mempertahankan wilayah mereka.

Jackie Chan sebagai Huo An
Adrien Brody sebagai Tiberius
Meski juga dibintangi oleh aktor terkenal Hollywood, Jackie Chan mengerjakan film ini dengan rasa bangga sebagai orang Asia. Jackie Chan disebutkan bekerja keras selama 15 jam sehari tanpa menggunakan stuntman untuk menjadikan film ini sempurna. “Jackie mengingatkan saya untuk tetap mempertahankan budaya Asia sebagai satu kebanggaan yang bisa saya perlihatkan kepada dunia. Kita boleh mengikuti tren yang sedang berlangsung tapi jangan pernah lupakan budaya asal kita sendiri,” cerita personil boyband Korea, Super Junior, Choi Siwon, yang berperan sebagai Yin Po, seorang ahli strategi, petarung tangguh tangan kanan Huo An.


Choi Siwon sebagai Yin Po
Dudu: Super Junior Mama sekarang bawa pedang?
Mama: Main film, Du. Sama Jackie Chan yang waktu itu jadi guru karate.
Dudu: Ya, aku tahu filmnya.

Film laga memang Asia identik dengan koreografi pertarungan yang tidak ada duanya. Namun, menurut saya, Dragon Blade yang diadaptasi dari kisah nyata sejarah ini menggambarkan semua budaya itu dari sudut pandang kita sebagai orang Asia, bukannya mengamini apa yang digambarkan oleh Hollywood. Jadi, tidak seperti kebanyakan film Hollywood yang kerap mengandalkan green screen untuk shooting adegan ekstrim, Dragon Blade dapat dikatakan epik karena menggunakan set dan latar belakang sungguhan di tengah gurun Gobi, Dunhuang dan Aksai di Barat China, dengan suhu mencapai 50°C. Meskipun demikan, produksi Dragon Blade memakan dana 65 juta US dollar. “ Semua kostum, senjata dan juga baju perang semuanya kami produksi sendiri. Untuk lokasi syutingnya pun kami yang bangun dan ciptakan sendiri. Mungkin disanalah letak pengeluaran terbesar kami,” jelas Jackie Chan.


Buat yang kangen Choi Siwon yang sedang wajib militer, film ini bisa mengobati absennya idol kesayangan dari layar kaca. Atau untuk fans Super Junior yang tidak suka K-Drama seperti saya, film ini bisa jadi kali perdana menyaksikan akting Siwon. Jadi, jangan lupa menyaksikan Dragon Blade di Celestial Movies, hari Minggu, 17 Januari pukul 20.00 WIB.

Where to watch? Celestial Movies dapat disaksikan di Indovision, Nexmedia, DensTX, K-Vision, MNC Play, OrangeTV, Okevision, Skynindo, Transvision, TopTV, TopasTV, UseeTV dan MatrixTV.


(All photos Courtesy of Celestial Movies)

2 comments:

  1. wahh gw dan suami penggemar film kolosal Ruth dan film ini wajib banget ditonton kayaknya. Makasih review-nya ya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gw juga suka banget film begini. Soalnya totalitas banget dari kostum sampai detail set nya.

      Delete

Terima kasih sudah mampir, jangan lupa tinggalkan komen. Mohon maaf untuk yang meninggalkan link hidup dan komen bersifat spam atau iklan akan dihapus.