20 July 2015

Tips Cari Hotel Murah di Singapore

Mencari hotel murah di Singapura adalah masalah terbesar ketika kita mengunjungi negara tetangga yang satu itu. Soalnya, di tengah maraknya penerbangan murah dan berbagai paket hemat tiket masuk atraksi, harga hotel seringkali berbanding terbalik dengan budget kita. Jadi tidak rela bayarnya karena biasanya kalau ke Singapore kita hanya “numpang tidur” di hotel. Solusinya?


Dari kecil, kalau nginap hotel pasti nyaman tidurnya.
Lupa ini di mana, kayaknya YWCA Park Mall Dhoby Ghaut
Yah, nginap di rumah saudara.*ditimpuk pembaca* Hahaha. Tidak juga sih. Meskipun ini akhirnya dilakukan juga ketika budget menipis, tapi karena Andrew senang menginap di hotel, saya selalu berusaha menginap di hotel meskipun hanya 1-2 malam dari perjalanan. Lalu, bagaimana caranya dapat hotel murah di Singapore untuk keluarga?
  • Membandingkan harga di beberapa situs perjalanan agak sia-sia karena akhirnya setelah ditotal, semuanya mirip. Lebih baik browsing website seperti milik Singapore Tourism Board atau Your Singapore untuk mengetahui ada promo apa untuk hotel. Promo yang paling sering saya temui adalah menginap 2 malam gratis malam ke-3. Ini termasuk untuk hotel-hotel berbintang di Orchard lho. Promo seperti ini yang kemudian menjadi patokan untuk merencanakan liburan karena kalau harus 3 malam kan tidak bisa hanya weekend saja. Jadi cari promo hotel dulu baru beli tiket haha.
  • Cek harga promo. Saya pernah beberapa kali menemukan harga promo hotel karena: Hotel sedang renovasi atau daerah di sekitar hotel sedang renovasi. Bisa juga karena hotel masih baru dan memberikan harga perkenalan atau karena muncul hotel baru di sekitarnya. Waktu Resort World Sentosa baru mulai dibuka, hotel lainnya di pulau yang sama menurunkan harganya. Lumayan kan ada hotel murah dekat Universal Studios. Cuma ya masa nginep di Sentosa? Selain itu, ada beberapa hotel yang menawarkan harga room only alias tidak pakai breakfast. Ini bisa jadi ajang menghemat juga.
Waktu Andrew kecil pernah nyewa di apartment Lucky Plaza. 
  • Hotel Backpacker. Kalau bepergian dengan keluarga 4-5 orang boleh juga memesan kamar family di hostel atau hotel backpacker yang harganya bisa separuh hotel biasa. Tapi kalau bawa balita apalagi anak bayi, sebaiknya SKIP saja hotel ini karena sangat tidak nyaman. Kebanyakan kamar mandi di luar, tempat tidurnya bunk bed (alias tempat tidur susun) dan hotelnya tidak ada lift. Apartment murah di Singapura banyak yang menerima sewaan sehingga bisa jadi pilihan juga, namun beberapa teman menghindari ini karena kayaknya sekarang ada undang-undang yang melarang menyewakan unit kalau pemiliknya tidak tinggal di gedung yang sama.
Hotel ini juga bukan di Orchard sih hehehe.
Masih berharap suatu hari ada rejeki untuk nyobain Marina Bay Sands
  • Jangan abaikan daerah "pinggiran". Dulu orientasi saya Orchard-Sommerset dan Dhoby Ghaut. Pokoknya cari hotel harus dekat dengan salah satu dari ketiga MRT tersebut. Paling jauh City Hall dan Raffles Place. Sekarang? Lupakan saja. Dengan banyaknya stasiun MRT baru dan rute bis yang semakin mudah dipahami, semua lokasi mendadak jadi “tengah kota”. Ada banyak hotel murah di Bugis. Lavender, Novena, bahkan Harbourfront pun saya lirik. Saya masih menjauhi Little India, Geylang dan Chinatown walaupun di ketiga tempat ini juga banyak hotel murah.
  • Bis vs MRT. Kalau sudah nyaman dengan transportasi Singapore, tidak perlu hotel yang nempel dengan Stasiun MRT. Beberapa kunjungan terakhir, saya sudah bisa melepaskan “ketergantungan MRT” dan menginap di hotel yang jauh dari MRT station. Untuk beberapa hotel, jarak dengan MRT itu ternyata mempengaruhi harga. Bis juga bisa mengantar kita kemana-mana dengan harga yang lebih murah dari MRT, asalkan kita rajin membaca papan dan bertanya sama supirnya. Hotel lebih murah, transport lebih murah. Dobel hemat deh.
Foto ini diambil Andrew dari atas bis tingkat
yg membawa kita dari hotel di daerah Lavender ke Orchard
Siapa takut jalan-jalan ke Singapore?

9 comments:

  1. Nice sharing nih mba... Dudu dari baby emang udah jalan-jalan terus ya. Baby traveler ^___^ sekitar 2 bulan lagi saya bakal nginep di daerah Lavender, mbak. Cari yang deket MRT. Maklum, the first. Jadi agak takut nyasar kalo jauh2 dari MRT.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Husna, kalo di Lavender paling enak di V Lavender. Itu lokasinya persis di atas MRT Lavender. Sepupu dan beberapa teman yang punya anak balita senang nginep situ.

      Delete
    2. V lavender itu hotel atau hostel mbak? Saya udah booking di hamilton inn, cuma hostel sih tapi baca review orang2 katanya recomended buat backpacker >____< kalo ke SIN bawa balita emang harus cari yg nyaman ya mbak. Tapi saya ngga bawa anak ke sananya, berdua sama temen aja.

      Delete
    3. V Lavender Hotel kok Mba. Haha, kalau sama temen sih di mana aja jadi hihihi. Kalau bawa anak yang repot, karena selain anaknya harus nyaman, biasanya koper kita juga tambah gendut. Have fun ya Mba.

      Delete
  2. Makasih sharingnya bermanfaat nih Mba :)

    ReplyDelete
  3. ingin sekali pergi ke singapur bareng keluarga, berarti kalo nanti bawa anak kecil hindari ya hotel untuk backpacker, nah milih hotelnya itu harus pinter2 biar budget sesuai ya mbak soalnya saya tidak ada siapa2 di sana, bahaya juga kalo keabisan budget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo pergi Mba. Bulan depan ultah ke-50 tuh Singapore nya pasti banyak diskon. Kalo ngga keberatan repot sedikit, bisa nginep di Johor, Mba. Bedanya lumayan, tapi jauhnya dari kota juga lumayan.

      Delete

Terima kasih sudah mampir, jangan lupa tinggalkan komen. Mohon maaf untuk yang meninggalkan link hidup dan komen bersifat spam atau iklan akan dihapus.