04 May 2015

Mimpi Road Trip Keluarga Mama dan Dudu

Menemukan topik "Liburan Impian Keluarga" di salah satu lomba blog membuat saya berpikir keras. Liburan keluarga ya? Keluarga kecil saya hanya terdiri dari 2 orang: Dudu dan Mama. Jadi pergi ke café berdua untuk mengerjakan PR juga sering terhitung sebagai liburan. Tapi, apa liburan impian keluarga saya?

Kalau pergi road trip berdua aja
 ngga ada yang fotoin,
jadi sering terpaksa selfie
Coba saya tanya si Dudu. Liburan keluarga impian dia apa.
Dudu: Aku mau ke hutan...
Mama: HAH?
Dudu: Aku mau naik kapal seperti Titanic lalu kapalnya karam dan berubah seperti kapal hantu...
Mama: Itu BUKAN LIBURAN.
Dudu: Kalau begitu aku mau mencoba naik helikopter... ke pulau tidak berpenghuni dan menjadikannya pulau Andrew.

Mamanya pasrah. Liburan impian Dudu penuh dengan petualangan tanpa henti, sementara orang lain (termasuk saya juga sih) biasanya liburan untuk bersantai. Tapi memang kalau dipikir-pikir, setiap ada kesempatan berlibur kita selalu berpetualang seperti Ninja Hattori. Meskipun sering saya berharap bisa bersantai, tidur-tiduran di pantai tanpa melakukan apa-apa, liburan saya dan Dudu berakhir dengan kaki pegal kebanyakan jalan dan perut kenyang kebanyakan mencoba makanan lokal. Duit juga biasanya habis haha. Dan itulah yang membuat liburan kita jadi berkesan dan punya sebuah cerita untuk ditulis di blog.

Seperti waktu road trip ke Jawa. Dudu yang sejak kecil sudah sering dibawa bertualang naik mobil, tidak rewel dibawa Jakarta-Surabaya jalan darat. Kita berhenti di Cirebon, Semarang, Solo, Jogja, Kediri, Malang dan Surabaya. Saya senang menyetir, Dudu senang naik mobil juga karena banyak yang dilihat. Jadi liburan impian kita berdua seperti ini: pergi ke tempat yang kita belum pernah datangi dan berpetualang naik mobil tanpa planning yang mengikat. Kalau capek ya berhenti cari tempat makan, kalau malam cari hotel di kota terdekat. Planning kita hanya lama perjalanan, research kota apa yang bisa dijadikan tempat peristirahatan dan budget. Tidak ada target hari dan jam kecuali total hari seluruh 
perjalanan.

Tidur di mobil sudah biasa
Dan kalau road trip,
bisa berhenti dan foto-foto semaunya
Sayangnya sejak saya mulai kerja kantoran dan Dudu masuk SD, liburan impian ini hampir tidak pernah dilakukan lagi karena kesulitan mencari waktu. Foto-foto yang terpajang di sini semuanya kenangan masa lalu. Soalnya yang namanya road trip biasanya membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Kalau disuruh menyebutkan lokasi spesifik (dan tidak memikirkan budget atau waktu), liburan impian kami adalah road trip di East Coast America, dari Massachusetts turun ke Florida. Menyusuri highway dan melihat kota-kota yang bersejarah seperti Boston atau Philadephia. Melewati Washington D.C sampai ke Disney World, taman bermain impian kami berdua. Rasanya, mengakhiri petualangan di theme park terdengar pas karena kami berdua suka theme park. Kesenangan saya naik rollercoaster rupanya menurun ke si Dudu. Itu kayaknya akan menghabiskan sekitar 2 minggu belum termasuk penerbangan Jakarta- Boston. Dan kalau bisa sih pas Summer. Kalau winter jangan-jangan kita terjebak badai salju kalau tidak buru-buru sampai Florida.

Dudu: Seharusnya kita mampir ke Atlanta
Mama: Hah? Ngapain. Ya Atlanta ada di sekitar situ juga sih.
Dudu: Aku mau mencari zombie The Walking Dead
Errr...

Road trip means saya nyetir, Dudu di car seat.
So, it's not the destination, but the journey and what we're gonna do on the road. Jadi sekarang ini kita planning road trip yang dekat-dekat dulu dan bisa dilakukan pada akhir pekan atau long weekend: Sentul, Bogor, Bandung... paling mentok ke Palabuhan Ratu. Itu juga sudah seru.

Tapi untuk sekarang ini kami bermimpi dulu saja, sambil mengumpulkan uang dan hari libur. Petualangan kecil-kecilan masih dilakukan setiap akhir pekan sambil berharap suatu hari bisa berpetualang lebih seru. Keluarga ini memang kecil, hanya saya dan Dudu. Tapi liburan impian keluarga kami harus besar supaya bisa termotivasi untuk mengabulkannya.

Satu perjalanan favorit kita adalah Highway 101 California,
ini salah satu stopnya di Morro Bay

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, jangan lupa tinggalkan komen. Mohon maaf untuk yang meninggalkan link hidup dan komen bersifat spam atau iklan akan dihapus.