20 April 2015

Percakapan Tentang Superhero dengan Dudu

Film The Avengers: The Age of Ultron sudah di depan mata, sebagai seorang Mama yang baik, saya sudah siap-siap pergi menemani Dudu nonton sequel Avengers ini. Lalu percakapan muncul tentang superhero alias pahlawan super.


Apa itu Superhero?
"Pahlawan super adalah seorang pahlawan yang memiliki talenta atau kekuatan luar biasa yang digunakan untuk melindungi orang lain atau hal lain yang bertujuan mulia." ~Wikipedia
Tapi favorit Dudu adalah Iron Man, yang notabene hanya orang biasa kalau tidak ada bajunya. Captain America kuat karena obat, Thor kuat karena seorang dewa. Black Widow perempuan (biasa anak laki maunya yang laki juga) dan Hawkeye kemarin sempat jadi penjahat. Bruce Banner juga pintar, namun kalau jadi Hulk merepotkan (kalau menurut Dudu buang-buang uang untuk beli baju).
"Iron Man punya otak dan punya uang. Dia bisa membuat kekuatan apa saja yang dia mau. Buktinya dia bisa bikin baju yang mengeluarkan senjata dan Iron Man palsu waktu tertabrak truk." ~Dudu



Tapi kemiripan Dudu dengan superhero hanya sebatas biasanya dia dijauhi teman-temannya karena dianggap aneh…. Dan empati dia yang telalu besar untuk perduli dengan nasib orang lain. Dudu adalah orang yang sibuk memperingatkan orang lain untuk memberi jalan keluar pada yang mau keluar lift, orang yang mau mengajak anak lain ikutan main kalau dia lihat ada yang sendirian dan orang yang spontan mengambilkan barang jatuh. Meskipun saya selalu bilang kalau kadang berbuat baik itu percuma.

"The thing about a hero, is even when it doesn't look like there's a light at the end of the tunnel, he's going to keep digging, he's going to keep trying to do right and make up for what's gone before, just because that's who he is." ~Joss Whedon, Director of The Avengers Age of Ultron
Prinsip Dudu, kita tidak boleh menyerah. Belajar tidak boleh menyerah, berbuat baik juga tidak boleh menyerah.
Mama: Gimana sekolahnya?
Dudu: Tadi si David nakal lagi, Ma. Aku didorong ke tembok karena tidak mau kasih contekan.
Mama: Yaelah… trus, kamu diam saja?
Dudu: Kan David tidak sekelas, hanya ketemu satu lesson aja yang pas digabung pelajarannya.
Mama: Trus gimana? Ngga laporin ke guru?
Dudu: Dilaporkan ke guru juga percuma, setelah dihukum, trus apa? Dia akan kembali nakal lagi. Kita hindari saja. Nanti lama-lama juga dia bosan.

"It sounds cliched, but superheroes can be lonely, vain, arrogant and proud. Often they overcome these human frailties for the greater good." ~Tom Hiddleston (Loki)
Dan itu yang selalu saya ajarkan pada Dudu. Meskipun saya jadi khawatir kalau Dudu malah tertindas orang, terutama satu temannya yang kasar dan suka minta uang itu. Tapi ketika saya mau interfere, Dudu langsung melarang karena dia masih bisa mengatasi semuanya sendiri. Untungnya sekarang, menurut cerita Dudu, sang teman sudah tidak mengganggu dia lagi. Jadi Dudu yang menang dengan strateginya sendiri.

 

Jadi buat saya, Dudu adalah Superhero Cilik. Bukan karena dia punya kekuatan super dan dipuja-puja semua orang, tapi karena dia selalu mengingatkan bahwa kita harus berbuat baik. Meskipun sering mengeluh tidak diterima di gank sekolahnya karena dia tidak pintar pelajaran dan tidak pintar olahraga, tapi dia tidak pernah dendam. Tidak pernah putus asa juga karena dia selalu semangat belajar dan mengerjakan PR. Waktu saya seumuran dia, boro-boro punya semangat begitu. Talenta dan kekuatan luar biasa itu tidak selalu datang dalam bentuk fisik, tapi bisa juga datang dalam bentuk hati yang extraordinary besar untuk menerima keanehan dan kekurangan orang lain.

Termasuk menerima keanehan Mama yang biasanya lebih suka sama penjahat daripada jagoannya.

Dudu: Avengers Ultron, Ma.
Mama: Mama malas nonton.
Dudu: Yang pertama kok suka? Kita nonton 2x lho.
Mama: Soalnya yang pertama ada Loki. 10x juga bakalan Mama tonton.
Dudu: Kok Mama sukanya penjahat?
Mama: Soalnya Loki ganteng, charming, pinter lagi. Avengersnya malah sibuk berantem sendiri.
Dudu: Ah, Mama kacau! 
"Biarpun berantem sendiri, tapi mereka kan jagoannya, Ma. Dimana-mana itu yang baik pasti menang." ~Dudu

Psst, yang mau nonton Avengers gratis, ada kuis nobarnya lho di XY Kids. Ikutan yuk!
Jangan lupa nonton traillernya juga


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, jangan lupa tinggalkan komen. Mohon maaf untuk yang meninggalkan link hidup dan komen bersifat spam atau iklan akan dihapus.