28 March 2015

Ikutan Earth Hour?

Anak jaman sekarang hidupnya sudah serba listrik dan teknologi. Andrew contohnya, kalau liburan kerjanya di rumah, main komputer seharian di kamar yang ber-AC. Jadi definisi Earth Hour tidak ada dalam kamus dia.

“Apa sih enaknya gelap-gelapan?”

Yah, Du, Earth Hour itu bukan sekedar gelap-gelapan dan mematikan lampu.Meskipun bukan juga gerakan menghemat energi sedunia yang bisa langsung menyelamatkan masa depan dari berbagai krisis.

Earth Hour yang tahun ini jatuh pada tanggal 28 Maret 2015 jam 8.30-9.30 waktu setempat dirayakan banyak orang. Sudah banyak shopping mall yang menyatakan keikutsertaan mereka berkomitment menyelamatkan iklim. Central Park menghadirkan organik market dan segudang kegiatan “tukar sampah”, pertunjukan musik dan belanja dalam gelap. Bintaro Jaya Exchange Mall mengadakan Piknik Sinema yang menghadirkan film pilihan di alam terbuka. Meskipun bukan khusus karena Earth Hour, namun acara ini bisa jadi pilihan aktivitas jika kita memilih untuk tidak berada di rumah. Cek schedulenya di sini.

Lalu apa dong yang bisa kita lakukan selagi mematikan lampu dan mencabut kabel dan sambungan listrik yang tidak terpakai?


Main shadow puppet. Ini yang biasanya paling mudah dan populer. Tinggal menyalakan lilin lalu membuat bayangan sambil bercerita di tembok. Bisa dibuat main tebak gambar juga, atau sekedar memperkenalkan si kecil dengan yang namanya bayangan. Pasti dia suka karena bayangan mainan mobil jelas bebeda dengan bayang Spiderman.
Photo: Pinterest
Melihat bintang. Buat yang di kota besar, mungkin kegiatan ini agak sulit dilakukan. Atau jika sedang apes dan cuaca mendadak mendung. Tapi, kenapa tidak tetap dicoba. Duduk-duduk di teras rumah selama satu jam sambil ngobrol atau main kembang api pasti asyik.
Main musik. Kalau ada keluarga yang bisa main gitar, kenapa tidak mengajak si kecil bernyanyi dan bermain bersama. Jika tidak, well, ambil koleksi rattle si kecil dan gunakan sebagai pengiring lagu kesukaannya.


Belajar permainan tradisional. Petak gunung, congklak... Atau yang mengasah otak seperti catur bisa dilakukan dengan penerangan cahaya lilin.

Let’s make this earth a little greener.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, jangan lupa tinggalkan komen. Mohon maaf untuk yang meninggalkan link hidup dan komen bersifat spam atau iklan akan dihapus.