18 February 2015

Karakter Anak Berdasarkan Shio (Bagian 1)

Happy Chinese New Year!

Awal bulan ini, ketika browsing sebuah majalah ibu dan anak, saya bertemu artikel tentang shio dan gaya parenting kita. Saya pernah browsing yang zodiac dan jadi tidak seru karena saya dan Andrew zodiac-nya sama-sama Cancer. So, kenapa ngga shio?


Happy New Year --
baru nemu foto Andrew pakai baju Cina
Jadi dalam rangka menyambut Imlek tahun ini, yuk kita ngintip karakter anak berdasarkan shio. Dimulai dari yang akan masuk tahun ini ya:

Kambing (1991, 2003, 2015)

Sekilas, anak yang lahir dengan shio kambing terlihat pesimis, dan tugas kita sebagai orang tuanya adalah berjuang membangun semangat dan percaya diri si anak. Namun, mereka biasanya berbakat dalam bidang seni. Jadi rasa pesimisnya bisa berubah jadi sumber inspirasi kreativitas seiiring dengan berjalannya waktu.
DO: Memfasilitasi optimisme, seperti memberikan kamar yang rapi dengan warna cerah dan terkena sinar matahari.
DON’T: Membatasi gerak dengan memberikan jadwal yang ketat dan disiplin berlebihan.

Monyet (1992, 2004)
Identik dengan cerdas dan penuh trik yang bisa dengan mudah meraih sukses jika ia telah bertekad untuk menghadapi tantangan yang ada. Jangan berharap anak shio monyet bisa duduk manis karena dia akan melompat ke sana kemari dengan seribu pertanyaan yang dimulai dengan “kenapa”.
DO: Dukunglah kegiatannya dengan mengarahkannya untuk lebih serius mengerjakan apa yang disukainya.
DON’T: Memaksakan atau bosan menerapkan disiplin. Anak shio monyet biasanya tidak mengindahkan “teriakan” orang tuanya, namun cobalah lagi.

Ayam (1993, 2005)
Namanya juga ayam, mereka tidak akan segan untuk berkokok mengutarakan pendapatnya dan sangat disiplin dalam segala hal. Eksentrik dan pemimpi, anak shio ayam terkadang terlalu optimis dan sering melewatkan kekurangannya sendiri.
DO: Berani menegur secara adil, karena anak shio ayam agak sulit membatasi diri.
DON’T: Menutupi kekurangannya. Anak shio ayam membutuhkan seseorang yang dapat menyadarkan dirinya dan tak ada yang lebih baik daripada orang tua sendiri.

Andrew si anak shio anjing
Anjing (1994, 2006)
Gembira, patuh dan jujur, anak shio anjing adalah favorit (dan harapan) semua orang tua. Namun anak shio anjing sering terlalu serius dan khawatir berlebihan. Dengan rasa keadilan yang tinggi, biasanya mereka mengambil tanggung jawab lebih besar daripada yang sebenarnya dibebankan kepada mereka.
DO: Berikan apresiasi. Anak shio anjing biasanya ragu-ragu dengan mengambil keputusan atau memimpin sebuah grup. Apresiasi orang tua kepada kemampuannya bisa menjadi motivasi yang dibutuhkan.
DON’T: Memarahi anak sambil berfokus pada kekurangannya karena Anda berpikiran harus mengimbangi keoptimisannya dengan kekurangan yang dia punya.

Babi (1995, 2007)
Anak shio babi adalah penyayang keluarga yang tulus dan pekerja keras. Yang paling menyenangkan dari memiliki anak shio babi adalah sifat penurut yang kerap membuat orang tua merasa bangga bahwa ajaran yang mereka terapkan berhasil dilakukan dengan baik oleh anaknya.
DO: Belajar dari mereka. Sifat penyanyang dan rendah hari kerap dilupakan oleh orang tua.
DON’T: Membiarkan mereka dimanfaatkan. Orang tua anak shio babi harus menjaga dan mengajarkan anak-anak mereka tidak dirugikan orang lain.


Siapa shio tikus?
Tikus (1996, 2008)
Sosial, setia dan charming, anak shio tikus kerap menjadi sosok pusat perhatian di lingkungannya. Namun mereka banyak akal dan punya banyak trik untuk menarik perhatian orang. Orang tua anak shio tikus tidak perlu khawatir karena mereka dapat menjaga diri.
DO: Jaga privasi mereka.
DON’T: Memanipulasi anak shio tikus hanya akan berbuah kegagalan dan bukan cara yang baik untuk memenangkan kesetiaan mereka.

Semua ini saya rangkum dari berbagai sumber di internet. Boleh percaya boleh tidak. Namanya juga zodiak. Andrew shio anjing dan so far, benar tuh ramalannya.

Untuk shio lainnya klik di Karakter Anak Berdasarkan Shio (Bagian 2)

4 comments:

  1. oh... bisa gitu ya.... sifat anak dipengaruhi oleh karakter shio yang mereka miliki.., tpi apakah anak punya sifat yang sama persis jika mereka memiliki shio yang sama ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe ini kan "ramalan" jadi bisa bener bisa salah. kalau saya melihat si Andrew sih banyak benernya. Dia suka terlalu jujur, bikin saya yg shio tikus banyak akal (alias banyak ngakalin orang) jadi senewen. Dan kalau soal sama persis, tiap shio ada elemennya lho. Apakah anaknya tikus air, tikus kayu, tikus api, tikus logam... bisa jadi beda. Gitu Mom hehe.

      Delete
  2. Ternyata navaro shio nya tikus. Tfs mak :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh sama kayak akuuu... aku juga shio tikus, Mak :)

      Delete

Terima kasih sudah mampir, jangan lupa tinggalkan komen. Mohon maaf untuk yang meninggalkan link hidup dan komen bersifat spam atau iklan akan dihapus.